Benarkah Lele Mengandung Sel Kanker?

DokterSehat.Com– Lele adalah salah satu bahan makanan yang disukai oleh masyarakat tanah air. Salah satu jenis ikan air tawar ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan dan tetap saja memiliki rasa yang enak. Sayangnya, belakangan ini beredar informasi yang menyebutkan bahwa lele memiliki sel kanker sehingga ada baiknya tidak dikonsumsi. Tak tanggung-tanggung, di dalam tubuh lele disebut-sebut ada sekitar 3 ribu sel kanker. Apakah informasi benar adanya?



Pakar kesehatan menyebutkan jika ikan yang dikenal karena kumisnya ini termasuk dalam makanan yang rendah kolesterol. Lele juga kaya akan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, khususnya asam lemak omega 6 dan omega 3. Yang menarik adalah, kedua jenis asam lemak ini ternyata bisa memberikan manfaat berupa menurunkan tekanan darah pada tubuh. Bahkan, asam lemak ini disebut-sebut mampu menurunkan resiko berbagai jenis kanker. Untuk informasi yang menyebutkan jika di dalam lele terdapat sel kanker, hingga saat ini belum ada satupun penelitian ilmiah yang membuktikan kebenarannya. Hal ini berarti, informasi ini tidak benar adanya.

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun lele memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengkonsumsi ikan lele. Di Indonesia sendiri, ikan lele termasuk dalam ikan yang bisa didapatkan dengan mudah sekaligus memiliki harga yang murah. Biasanya, lele-lele yang dijual di pasaran ini berasal dari peternakan khusus yang memang menyediakan lele sebagai bahan makanan untuk rumah tangga atau tempat makan. Lele jenis ini jelas aman untuk dikonsumsi dan bersih. Sayangnya, ada sebagian orang yang ternyata menggunakan lele sebagai pembersih kotoran atau hama yang ada di sawah. Lele ini tentu kurang bersih dan kurang aman untuk dikonsumsi.