Benarkah Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Darah Tinggi?

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malamnya. Sayangnya, karena berbagai kesibukan atau bahkan kebiasaan untuk menghabiskan waktu malam hari untuk bercengkerama dengan kawan-kawan, keluarga, atau bahkan menonton acara televisi kesayangan, kita cenderung tidur kurang dari waktu yang ideal tersebut. Padahal, kurang tidur bisa membuat tubuh menjadi tidak fit dan bahkan bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang disebut-sebut muncul akibat kebiasaan kurang tidur adalah darah tinggi. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Pakar kesehatan dr. Prasna Pramita, SpPD yang berasal dari Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta, menyebutkan bahwa kurang tidur memang bisa meningkatkan tekanan darah dengan signifikan. Jika kita malam ini kita hanya tidur 4 jam dan di hari berikutnya juga kerap tidur dengan waktu yang kurang seperti ini, maka tekanan darah kita akan cenderung meningkat dengan signifikan. Memang, kurang tidur tidak selalu menjadi faktor utama penyebab hipertensi, namun, jika kita kerap tidur dengan waktu yang kurang, maka resiko untuk terkena hipertensi ini juga meningkat dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cukup banyak dampak buruk yang bisa kita dapatkan andai kita kerap tidur dengan waktu yang pendek layaknya stamina yang semakin menurun, semakin banyaknya penumpukan lemak pada tubuh, munculnya depresi dan berbagai gangguan suasana hati layaknya mudah marah. Padahal, mudah marah dan gangguan emosi lainnya bisa berperan besar dalam peningkatan tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University tahun 2006 silam bahkan menyebutkan bahwa orang dewasa yang terbiasa tidur 5 jam atau kurang setiap malamnya akan meningkatkan resiko terkena masalah hipertensi dua kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan waktu yang ideal. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menjaga waktu tidur kita dengan lebih baik mulai sekarang.