Benarkah Kulit Kesat Setelah Mencuci Muka Pertanda Kulit Sudah Bersih?

DokterSehat.Com – Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit adalah dengan mencuci muka, khususnya saat sebelum tidur atau setelah melakukan berbagai aktifitas. Tak hanya membuat wajah menjadi lebih bersih, kita juga akan mencegah datangnya masalah kulit layaknya jerawat atau komedo. Biasanya, setelah mencuci muka, kita akan merasakan sensasi kesat pada kulit kita. Sensasi kesat ini kerap dianggap sebagai pertanda bahwa kulit sudah berada dalam kondisi yang bersih dari berbagai kotoran dan sel kulit mati. Apakah hal ini benar adanya?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Pakar kesehatan kulit bernama dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK menyebutkan bahwa sensasi kesat ini ternyata tidak selalu menunjukkan bahwa kulit berada dalam kondisi bersih. Hal ini justru menandakan bahwa kandungan zat surfaktan yang ada pada produk pembersih wajah cukup keras dan mampu membuat kulit wajah merasa kering dan kaku. Bukannya bersih, sensasi kesat ini justru kurang baik bagi kesehatan kulit wajah kita.

Jika kita kerap menggunakan produk pembersih wajah yang memberikan sensasi kesat ini, bisa jadi kulit wajah akan semakin stress karena terkena zat surfaktan tersebut. Bagaimana tidak, wajah harus kehilangan kelembaban alaminya setelah kita mencuci muka dengan produk tersebut. Padahal, kandungan minyak alami pada kulit sangatlah diperlukan untuk membuat kulit wajah tetap lembab, menjaga bakteri agar tidak berkembang biak dan menyebabkan berbagai masalah kulit, serta menurunkan penguapan pada kulit.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih produk pembersih dan perawatan kulit wajah. Pilihlah produk dengan kandungan zat surfaktan yang ringan sehingga kulit wajah tidak akan kehilangan kelembaban alaminya, tak hanya itu, pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita sehingga tidak akan mengalami masalah kesehatan kulit.