Benarkah Kubis Bisa Dipakai Untuk Mengatasi Nyeri Asam Urat?

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang bisa membuat kita merasa sangat tidak nyaman adalah penyakit asam urat. Penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar asam di dalam tubuh ini memang dikenal mampu memberikan rasa nyeri yang luar biasa. Sebagai informasi, asam urat sebenarnya adalah sisa dari sistem metabolisme yang disebut sebagai zat purin. Purin sendiri cukup sering ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

doktersehat-nyeri-lutut-arthritis-asam-urat

Menurut pakar kesehatan, penyakit ini bisa muncul andai seseorang mengkonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat dan kaya akan purin. Penyakit yang kerap kali ditemui pada orang-orang paruh baya ini bisa mengganggu aktifitas sehari-hari karena bisa menyebabkan nyeri luar biasa pada persendian. Demi mengatasi rasa nyeri ini, kita bisa menggunakan beberapa bahan alami layaknya kubis.

Kubis sendiri ternyata dikenal luas sebagai bahan alami yang mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan layaknya keseleo, pembengkakan, bisul, nyeri sendi, hingga luka. Sayuran ini ternyata memiliki kandungan anti inflamasi yang memungkinkannya bisa mengatasi berbagai masalah tersebut. Untuk mengatasi nyeri karena asam urat, kita bisa menggunakan kubis sebagai kompres alami.

Kita hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun kubis yang masih segar dan tinggal kita masukkan ke dalam freezer lemari es. Jika nyeri yang disebabkan oleh asam urat mulai muncul, segera ambil beberapa daun kubis yang sudah membeku dan kemudian tempelkan daun kubis yang beku ini pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Jika perlu, bungkus daun kubis dan bagian tubuh yang nyeri ini dengan handuk dan kemudian kita biarkan saja hingga beberapa saat.

Panas tubuh akan membuat kubis lambat laun kehilangan sensasi dinginnya. Namun, hal ini membuat senyawa di dalam kubis mulai diserap ke dalam kulit. berbagai nutrisi baik dari kubis pun akan mulai bekerja dalam melarutkan asam urat yang memicu rasa nyeri tersebut. Alhasil, hal ini akan membuat peradangan dan rasa nyeri karena asam urat mereda.