Benarkah Konsumsi Seafood Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Rambut?

DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang harus kita jaga kesehatannya adalah rambut. Bagaimana tidak, rambut bisa memberikan pengaruh besar bagi kecantikan dan penampilan kita. Demi mendapatkan rambut yang sehat dan cantik, kita tentu harus melakukan perawatan pada mahkota kepala kita ini dengan rutin. Sebagai contoh, kita harus rutin membersihkannya dengan shampoo agar berbagai kotoran pada rambut dan kulit kepala bisa menghilang. Selain itu, kita juga bisa memakai kondisioner atau vitamin rambut agar rambut lebih ternutrisi sehingga akan jauh lebih sehat.

doktersehat-kesehatan-rambut-bercabang

Selain merawatnya dari luar, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk merawat rambut dari dalam. Caranya adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis seafood atau makanan laut. Beberapa jenis makanan laut ternyata kaya akan nutrisi yang bisa membuat rambut kita semakin sehat dan cantik.

Makanan laut pertama yang sangat disarankan untuk dikonsumsi agar rambut kita semakin sehat adalah tiram. Tiram ternyata sangat kaya akan kandungan zinc atau seng yang bisa menjaga kesehatan rambut. Andai rambut kita kekurangan zat ini, maka dikhawatirkan kita akan mengalami masalah kerontokan pada rambut hingga alis mata. Selain itu, kita juga beresiko tinggi terkena masalah kulit kepala kering yang pada akhirnya berimbas pada munculnya ketombe.

Selain tiram, kita juga bisa mengkonsumsi makanan laut lainnya layaknya ikan sarden dan juga ikan makarel. Kedua jenis ikan ini ternyata memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kandungan asam lemak omega 3 ini sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut kita. Dengan rutin mengkonsumsi kedua jenis ikan ini, maka rambut pun akan menjadi semakin subur, sehat, dan cantik. Kita juga akan semakin terbebas dari masalah rambut rontok yang sangat mengkhawatirkan.