Benarkah Kolang-Kaling Bisa Mengatasi Saraf Terjepit?

DokterSehat.Com – Belakangan ini muncul informasi yang muncul di media sosial yang menyebutkan bahwa konsumsi kolang-kaling bisa membantu kita mengatasi saraf terjepit. Dalam informasi ini, disebutkan bahwa kolang-kaling mengandung gelatin yang bisa diolah tubuh agar bisa menyintesis kolagen. Kolang-kaling juga disebut-sebut memiliki kandungan albumin, semacam protein plasma tubuh, serat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang bisa mengatasi masalah saraf terjepit tanpa perlu mendatangi dokter. Apakah informasi ini memang sesuai secara medis?

doktersehat-sakit-pundak-punggung-Spondilitis-Ankilosa

Pakar kesehatan dr. Andri Primadhi, SpOT yang berasal dari Departemen Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran di Universitas Padjadjaran Bandung menyebutkan bahwa informasi ini ternyata tidak benar adanya. Benar jika kolang-kaling memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, namun, kolang-kaling tidak bisa dipakai sebagai pengobatan saraf terjepit.

Menurut dr. Andri, telah ada beberapa penelitian yang berhasil menemukan manfaat kolang-kaling yakni berupa kandungan antioksidan dan anti-aging yang tentu berperan besar bagi kesehatan dan kecantikan. Tak hanya itu, kolang-kaling juga bisa dijadikan suplemen makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan persendian. Hanya saja, hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kolang-kaling bisa digunakan sebagai obat.

Belakangan ini, memang cukup banyak informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan yang tersebar di media sosial, khususnya yang berkaitan dengan isu kesehatan. Yang menjadi masalah adalah, informasi-informasi yang kerap kali ditambahi embel-embel “tak perlu lagi datang ke dokter” ini langsung dipercaya banyak orang tanpa ditelaah atau dicari terlebih dahulu kebenarannya.

Alih-alih mempercayai isu tidak benar seperti ini, dr. Andri menyarankan penderita saraf terjepit untuk memeriksakan kondisinya pada dokter yang tepat. Dengan mendapatkan diagnosis yang tepat, maka Ia pun akan mendapatkan pengobatan yang tepat dan akhirnya lebih cepat sembuh.