Benarkah Keringat Banyak Adalah Tanda Bahwa Olahraga Dilakukan Dengan Benar?

DokterSehat.Com – Tentu kita sering mendengar orang-orang yang sedang melakukan aktifitas fisik berkata bahwa mereka sedang mencari keringat. Andai mereka sudah mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak, maka mereka berpikir jika olahraga telah dilakukan dengan cukup baik. Apakah memang keringat yang banyak adalah tanda bahwa olahraga telah dilakukan dengan benar?

doktersehat-minum-air-putih-olahrag

Pakar kesehatan dr. Andi Kurniawan SpKo yang berasal dari Indonesia Sport Medicine Center berkata bahwa secara umum, olahraga memang akan membuat kita mengeluarkan keringat meskipun intensitasnya cenderung santai. Tak percaya? Andai kita berjalan santai dalam waktu yang cukup lama, kita tetap saja akan mengeluarkan keringat. Munculnya keringat ini terjadi karena adanya kontraksi pada otot, meningkatnya pernafasan, dan meningkatnya denyut jantung selama aktifitas fisik.

Hanya saja, ada baiknya kita tidak terlalu berpatokan pada banyaknya keluar yang keringat sebagai indikator olahraga. Sebagai contoh, meditasi yang santai namun sangat menyehatkan belum tentu membuat kita berkeringat. Menurut dr. Andi, olahraga yang baik adalah yang dilakukan dengan rutin dan dilakukan setidaknya 150 menit setiap minggunya, andai kita mau melakukan olahraga 30 menit setiap hari, maka kita akan mendapatkan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh olahraga.

Pakar kesehatan dan gizi Rita Ramayulis, DCN, MKes, berkata bahwa keluarnya keringat sangatlah normal terjadi pada olahraga karena tubuh sedang melakukan proses pembakaran. Namun, menurut beliau, semakin banyak keringat yang keluar belum tentu selaras dengan banyaknya lemak yang dibakar. Sebagaimana yang dipaparkan oleh dr. Andi, Rita juga mengungkapkan jika durasi olahraga dan intensitas latihanlah yang bisa menentukan banyaknya lemak yang terbakar dalam tubuh. Menurut beliau, andai keringat yang dikeluarkan terlalu banyak, kita justru harus berhati-hati karena bisa mengalami dehidrasi, mudah lelah, atau bahkan jatuh pingsan andai terlalu memaksakan diri saat berolahraga.