Benarkah Kencing Unta Menyehatkan Bagi Tubuh?

DokterSehat.Com– Belakangan ini warganet dihebohkan dengan perdebatan apakah kencing unta bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh atau tidak. Perdebatan ini dimulai sejak viralnya video yang berisi tokoh terkemuka yang meminum kencing unta yang dianggap aman untuk dikonsumsi dan bahkan bisa menyembuhkan beberapa kondisi kesehatan tertentu. Apakah hal ini benar adanya?

Becks

Dalam video yang diambil di sebuah peternakan unta yang ada Saudi Arabia ini, susu dan air kencing unta disebut-sebut memang aman dan bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi. Bahkan, ada klaim dari peneliti bernama dr Abdulrahman Al Qassas yang berasal dari Universitas Ummul Muqra yang menyebutkan bahwa air kencing unta bisa menyembuhkan hepatitis dan diabetes. Namun, menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengkonsumsi susu atau bahkan air kencing unta. Hal ini disebabkan oleh masih mewabahnya sindrom pernafasan Timur Tengah atau yang lebih dikenal dengan MERS. Sindrom ini bahkan disebut-sebut sudah mencapai Korea Selatan.

Laman Independent pada tahun 2015 lalu sudah menyebutkan bahwa virus ini dicurigai bisa menular dari hewan ke manusia semenjak adanya laporan tentang pria yang terkena strain MERS karena memelihara unta dan sapi. Namun, sang pria juga disebut-sebut sudah memiliki penyakit kronis bawaan yang membuatnya lebih rentan terkena MERS.

WHO menyebutkan bahwa tak hanya para penderita penyakit paru-paru kronis, diabetes, atau gagal ginjal yang lebih beresiko untuk terkena MERS, mereka yang kurang baik dalam menjaga kebersihan dan kerap melakukan kontak dengan hewan seperti unta juga cenderung rentan untuk terkena sindrom MERS yang sudah menewaskan lebih dari 400 orang di seluruh dunia sejak September 2012 ini.

Baca Juga:  Debat Baik-Buruk Minum Kencing Unta, Bagaimana Pendapat Dokter?

Penyakit yang memiliki gejala awal seperti demam, batuk-batuk, dan sesak nafas ini bisa dicegah dengan cara tidak mengkonsumsi susu unta yang masih mentah, air kencing unta, hingga daging yang tidak dimasak hingga benar-benar matang.