Benarkah KB IUD Bisa Mencegah Kanker Serviks?

DokterSehat.Com – Salah satu cara untuk mengendalikan kehamilan dengan baik adalah dengan mengikuti program KB. Dari sekian banyak program KB yang bisa dipilih oleh pasangan suami istri, program KB IUD atau Ultrauterine Device cukup banyak memiliki peminat. KB IUD atau yang kerap disebut sebagai KB spiral ini dianggap cukup efektif untuk mencegah kehamilan. Selain itu, banyak pula orang yang percaya jika KB IUD ini bisa mencegah kanker serviks. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-wanita-kanker-serviks-rahim

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan di Institut Catala d’Oncologia yang ada di Catalan, Spanyol, menyebutkan jika KB IUD memang mampu menurunkan resiko terkena kanker serviks dan kanker endometrium dengan signifikan. Penelitian yang melibatkan 20 ribu wanita dan dilakukan selama 10 tahun ini dipublikasikan hasilnya dalam jurnal The Lancet Oncology dan berhasil membuktikan jika resiko terkena kanker serviks bertipe squamous-cell carcinoma bisa menurun hingga 44 persen. Selain itu, resiko terkena kanker bertipe adenocarcinoma dan tipe adenosquamous carcinoma bisa menurun hingga 54 persen. Hal ini berarti, KB IUD ini memang sangat baik dalam mencegah kanker yang cukup mematikan ini.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Xavier Castellsague, PhD, menyebutkan jika program KB IUD yang ditaman dalam rahim ternyata bisa memberikan respon pada peradangan sehingga secara efektif mencegah dan menghilangkan virus HPV (human papillomavirus) yang merupakan penyebab dari kanker serviks.

Andai anda masih cukup ragu untuk menggunakan KB IUD, adanya manfaat besar dari penggunaan program KB ini untuk mencegah kanker serviks mungkin bisa menjadi pertimbangan anda untuk menggunakannya. Perkembangan teknologi kesehatan juga kini semakin membantu pemasangan IUD dengan lebih aman sehingga kini resiko untuk mengalami luka pada organ tubuh saat memasangnya pun semakin kecil.