Benarkah Kafein Mampu Menurunkan Berat Badan?

kopi-teh-kafein-doktersehat

DokterSehat.Com– Setiap mendengat kata kafein, umumnya kita akan langsung teringat pada kopi. Kafein memang erat kaitannya dengan kopi. Namun, ternyata kafein banyak terdapat pada banyak jenis minuman selain kopi seperti teh, minuman berenergi, dan minuman bersoda. Selain itu kafein terdapat pula pada makanan yang megandung bahan dasar coklat. Sehingga kafein sebenarnya terdapat pada banyak bahan makanan yang sering kita konsumsi.

Kandungan kafein mulai banyak diteliti karena kafein terdapat pada berbagai jenis makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Salah satu manfaat kafein yang menarik adalah manfaatnya untuk berat badan. Kafein dianggap mampu menurunkan berat badan serta mencegah berat badan naik. Manfaat ini kemudian diteliti lebih lanjut unutk mengtahui efek kafein sesungguhnya pada berat badan.

Terdapat dua teori yang mendukung efek kafein dalam menurunkan berat badan yaitu:

  1. Kafein mampu menurunkan nafsu makan kita. Hal ini dapat terjadi karena kandungan kafein dapat menekan rasa lapar.
  2. Pembakaran kalori tubuh menjadi lebih besar dengan mengkonsumsi kafein. Kafein akan meningkatkan penggunaan energi dengan meningkatkan termogenesis (pengaturan suhu tubuh).

Teori diatas didukung oleh beberapa studi yang juga menujukkan adanya efek dari konsumsi kafein yang mampu memabntu penurunan berat badan pada hewan. Namun, beberapa studi lain menunjukkan hasil yang tidak menunjukkan efek dari konsumsi kafein terhadap penurunan berat badan.

Menurut Katherin Zeratsky, R.D. seorang pakar nutrisi dan diet, terdapat hal yang perlu diingat apabila kita ingin memanfaatkan kandungan kafein untuk menurunkan berat badan. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya kafein umumnya terdapat pada minuman seperti kopi, teh dan minuman energi dan minuman bersoda, jenis-jenis minuman ini umumnya mengandung banyak kalori, lemak dan gula. Sehingga apabila asupan kafein melalui minuman-menuman tersebut berlebihan maka bukan tidak mungkin berat badan kita malah menjadi naik.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik