Benarkah Kabar Minum Teh Panas Bisa Menyebabkan Kanker Kerongkongan?

dokter-sehat-teh-panas-asap-minuman-kopi

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru yang di lakukan di Tiongkok menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengkonsumsi teh panas karena bisa memicu kanker kerongkongan. Bahkan, jika seseorang memiliki hobi merokok dan mengkonsumsi alkohol, kebiasaan mengkonsumsi teh panas ini bisa meningkatkan risiko terkena kanker ini hingga lima kali lipat.

Meskipun terlihat tidak masuk akal mengingat teh termasuk dalam minuman yang menyehatkan dan kaya akan antioksidan, dalam realitanya air teh yang memiliki suhu lebih panas dari 65 derajat Celcius bisa menyebabkan luka pada lapisan kerongkongan. Padahal, lapisan kerongkongan memiliki fungsi utama sebagai pelindung utama dari racun berbahaya yang bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi atau dari minuman beralkohol dan asap beracun dari asap rokok.

Untungnya, kita tidak perlu khawatir dengan berlebihan dan kemudian menghindari minum teh. Dalam realitanya, kebanyakan air yang dipakai untuk menyeduh teh tidak mencapai suhu 65 derajat Celcius. Kita sendiri cenderung memilih untuk menunggu suhu air teh menjadi hangat agar lebih nyaman untuk diminum karena jika kita memaksakan diri untuk minum teh yang saat berada dalam kondisi sangat panas, maka bibir atau lidah kita akan terbakar.

Sebagai informasi, kanker kerongkongan atau kanker esophagus kerap menyerang para lansia dengan usia 60 hingga 70 tahun. Kaum pria lebih beresiko terkena kanker ini jika dibandingkan dengan wanita.

Dr Jun Lu dari Pusat Ilmu Kesehatan Peking University menyebutkan bahwa meskipun ada kabar tentang kanker kerongkongan yang dipicu oleh salah satu minuman yang paling digemari di seluruh dunia ini, dalam realitanya kita tidak perlu khawatir dengan berlebihan saat meminumnya. Hanya saja, ada baiknya memang kita tidak meminumnya saat air masih terlalu panas dan tidak melakukan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik