Benarkah Jus Apel Bisa Mengeluarkan Batu Empedu?

DokterSehat.Com – Beberapa waktu yang lalu, kita tentu pernah melihat adanya tips yang beredar di media sosial yang menyebutkan jika dengan mengkonsumsi jus apel, maka kita akan mampu mengeluarkan batu empedu secara alami, tanpa melalui prosedur operasi. Di dalam tips tersebut, penderita masalah batu empedu diminta untuk mengkonsumsi jus apel yang sudah dicampurkan dengan lemon dan juga garam secara teratur. Apakah tips ini memang benar-benar ampuh mengeluarkan batu empedu secara alami?

doktersehat-buah-apel

Pakar kesehatan penyakit dalam bernama dr. Tirza Gwendoline, SpPD dari RS Evasari, menyebutkan jika meskipun mudah dilakukan dan tidak akan memberikan resiko kesehatan, sejauh ini belum ada hasil penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa jus apel ini mampu mengeluarkan batu empedu. Hal ini berarti tips ini sepertinya belum tentu benar adanya. Menurut dr. Tirza, jus apel memang memiliki kandungan yang cenderung asam sehingga mungkin bisa membantu meningkatkan kontraksi pada otot dan memperlancar saluran pencernaan. Sayangnya, sekali lagi, hal ini masih belum benar-benar terbukti secara ilmiah.

Sebagai informasi, batu empedu ini bisa muncul dalam dua jenis, yakni batu kolesterol dan juga batu pigmen. Andai batu empedu terjadi karena masalah kolesterol, biasanya hal ini terjadi karena kita suka mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi sehingga kolesterol berlebihan ini akhirnya mengendap menjadi batu. Sementara itu batu pigmen kerap kali muncul karena adanya masalah pada darah atau pada organ liver.

Menurut dr. Tirza, andai kita mengkonsumsi makanan berlemak, empedu pada perut kita akan berkontraksi dan secara perlahan akan membuat batu empedu terlarut atau keluar. Andai ukuran batu empedu ini masih dibawah 5 mm, maka tubuh akan bisa melarutkannya atau mengeluarkannya dengan mudah mengingat ukuran batu ini masih bisa melalui saluran empedu yang memang kecil. Hanya saja, andai ukuran batu lebih besar, dikhawatirkan batu ini justru akan menyumbat saluran empedu dan bisa memicu masalah yang lebih besar.