Benarkah Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Mengatasi Batuk?

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah pengobatan alternatif yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia, yakni air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap manis yang bisa diminum untuk mengobati batuk. Apakah memang obat tradisional ini cukup ampuh mengatasi batuk?

doktersehat-kecap-jeruk-nipis-untuk-batuk

Batuk adalah refleks alami tubuh yang muncul saat saluran udara di tenggorokan mengalami iritasi. Dengan mengeluarkan udara bertekanan tinggi, diharapkan saluran udara ini menjadi lebih bersih dari berbagai benda asing layaknya asap, debu, atau bahkan lendir. Batuk sendiri kerap kali terjadi karena infeksi virus atau bakteri dan reaksi alergi.

Jeruk nipis dikenal luas masyarakat tanah air sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki kandungan minyak atsiri dan zat lainnya yang bisa membuat otot-otot di saluran pernafasan menjadi lebih rileks. Jeruk nipis juga mampu menurunkan demam atau masalah serak dan tenggorokan gatal. Hanya saja, pakar kesehatan Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt menyebutkan bahwa campuran jeruk nipis dan kecap sebenarnya tidak mampu menyembuhkan batuk, baik itu batuk yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Bahan alami ini hanya mampu meredakan gejala seperti suara serak atau tenggorokan gatal saja.

Fungsi dari penambahan kecap pada perasan air jeruk nipis ternyata sama sekali tidak terkait dengan upaya untuk menyembuhkan batuk, namun hanya untuk menurunkan keasaman dari air jeruk nipis. Selain kecap, bahan alami lainnya yang biasa dicampurkan dengan air perasan jeruk nipis adalah madu. Selain manis, madu ternyata juga bisa menambah produksi air liur dan lendir sehingga membuat tenggorokan lebih lembab dan meredakan gejala batuk.

Agar batuk segera mereda, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk pergi ke dokter dan mendapatkan resep obat yang tepat. Namun, kita juga bisa membeli obat ini di warung terdekat meskipun kita harus benar-benar tahu jenis batuk apa yang sedang kita alami agar mendapatkan obat yang sesuai.