Benarkah Jerawat Bisa Berasal Dari Kebiasaan Kurang Tidur?

DokterSehat.Com – Semua orang, khususnya kaum hawa yang masih berusia remaja atau duapuluhan tentu akan sangat tidak ingin wajahnya terkena masalah jerawat. Selain bisa membuat rasa tidak nyaman pada wajah, jerawat juga bisa membuat kepercayaan diri menurun drastis mengingat tampilan wajah jelas tidak lagi terlihat maksimal. Penyebab jerawat yang paling umum biasanya adalah karena kita kurang maksimal dalam membersihkan wajah. Tanpa kita sadari, wajah bisa terkena banyak sekali kotoran dari debu dan kontaminan lainnya yang jika tidak dibersihkan dengan baik, khususnya sebelum tidur, tentu akan bisa menimbulkan jerawat. Namun, tahukah anda, jerawat juga bisa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Kurangnya waktu tidur ternyata bisa memicu stress, peradangan, hingga meningkatnya resistensi insulin pada tubuh. Stress sendiri ternyata bisa memicu masalah jerawat pada wajah mengingat stress akan membuat kelenjar adrenal membuat sekresi pada produksi hormon androgen. Hormon androgen yang mengalami sekresi secara berlebihan ternyata secara signifikan akan meningkatkan pembentukan jerawat pada wajah. Stress juga akan membuat sistem kekebalan tubuh akan menurun dengan signifikan sehingga jika kita mendapatkan jerawat, jerawat bisa bertambah semakin banyak dan sulit untuk disembuhkan. Kurangnya waktu tidur juga diyakini akan mampu meningkatkan peradangan secara sistemik pada tubuh dan pori-pori kulit pada wajah yang tersumbat banyak kotoran akan semakin mudah meradang dan menyebabkan jerawat.

Kurang tidur juga memicu resistensi insulin pada tubuh. Kondisi ini membuat tubuh terpaksa memproduksi insulin dengan jumlah berlebihan dengan tujuan mengendalikan kadar glukosa dalam darah agar tidak berlebihan. Sayangnya, peningkatan produksi insulin ini ternyata juga ikut membuat peningkatan produksi sebum sehingga pembentukan jerawat pun bisa semakin mudah terjadi pada wajah.

Baca Juga:  Keputihan

Dengan adanya fakta-fakta ini, kita tentu harus mencoba untuk memperbaiki pola tidur kita jika tidak ingin terkena jerawat. Andai tidak benar-benar perlu untuk tidur pada larut malam, maka kita sebaiknya segera tidur. Hanya saja, harap diingat bahwa sebelum tidur kita juga harus membersihkan kulit wajah kita dengan baik sehingga pori-pori kulit pun tidak akan tersumbat sehingga jerawat bisa dicegah dengan maksimal.