Benarkah Janin di Dalam Kandungan Memang Sudah Bisa Mendengar Suara Ibunya?

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap mendengar saran dari orang tua yang menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya kerap mengajak ngobrol atau membacakan cerita pada janin di dalam kandungan karena janin ini sebenarnya sudah bisa mendengar suara ibunya. Apakah hal ini memang benar adanya?

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa janin di dalam kandungan memang benar-benar sudah bisa mendengar suara ibunya. Tak hanya mampu mendengar, janin ternyata juga sudah bisa membedakan suara yang Ia dengar, dari suara manusia hingga suara acak lainnya. Bahkan, dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa detak jantungnya bisa mengalami perubahan setiap kali janin mendengar suara yang berbeda.

Sebelum dilahirkan, bayi ternyata sudah mengembangkan kemampuan mendengar dan berbahasanya. Memang, akan membutuhkan waktu yang cukup lama bagi bayi setelah dilahirkan nantinya untuk membuat kemampuan mendengar dan berbicara ini menjadi sempurna. Namun, karena mereka sudah memiliki kemampuan untuk mendengar, maka tentu akan sangat baik bagi ibu untuk kerap berkomunikasi pada buah hatinya saat masih di dalam perut.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 20 ibu hamil. Diketahui bahwa saat usia kehamilan mulai memasuki usia 8 bulan, bayi di dalam kandungan para ibu ini diuji dengan cara memperdengarkan suara tertentu. Setelah dicek, diketahui bahwa janin memang bisa mengenali sekaligus membedakan beberapa jenis suara. Biasanya, suara di dalam kandungan akan menjadi suara yang paling dikenali. Namun, suara dari ibunya dan suara lingkungan di sekitar ibu juga ternyata didengarkan oleh bayi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang ibu hamil kerap mengajak ngobrol tentang hal-hal yang positif atau menceritakan hal-hal yang baik pada buah hatinya yang ada dalam kandungan agar bisa membantu perkembangannya.