Benarkah Isu Menginjak Kecoa Bisa Menyebabkan Infeksi Cacing?

DokterSehat.Com– Salah satu jenis serangga yang sangat menjijikkan dan ditakuti oleh banyak orang adalah kecoa. Serangga yang kerap muncul pada lingkungan yang kotor dan berantakan ini bisa menjadi penyebar berbagai macam penyakit. Bahkan, terdapat sebuah isu yang berkembang luas di masyarakat yang menyebutkan bahwa andai kita menginjak kecoa, perut kecoa akan mengeluarkan cacing-cacing yang bisa memasuki kaki kita dan pada akhirnya menyebabkan infeksi. Apakah hal ini benar adanya?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian yang mempelajari tentang adanya cacing yang keluar dari perut kecoa dan mampu memasuki kulit kaki kita. Hanya saja, kulit manusia ternyata memiliki lapisan yang sangat kuat dan tidak akan mudah ditembus oleh cacing-cacing yang berukuran kecil sekalipun. Memang, cacing bisa saja masuk ke dalam tubuh kecoa mengingat kebiasaan kecoa untuk makan di tempat-tempat kotor sehingga andai kita injak, bisa jadi cacing-cacing ini menyebar dan memasuki bagian kulit yang terluka sehingga menyebabkan infeksi pada tubuh kita. Namun, jika kaki kita tidak memiliki luka, kecil kemungkinan cacing ini bisa masuk melalui kulit.

Badan Kesehatan Dunia WHO menyebutkan bahwa meskipun kecoa memang bisa menyebarkan penyakit, namun dampaknya ternyata tidak sebesar lalat rumah. Meskipun begitu, kecoa memang disebut-sebut bisa membawa bibit penyakit layaknya salmonellosis, kolera, tifus, disentri, kusta, gastroenteritis, listeriosis, giardia, dan campylobacteriosis. Kecoa juga bisa menyebabkan asma dan membawa bakteri e.coli, streptococcus, serta staphylococcus aureus yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Untuk mencegah datangnya penyakit dari kecoa ini, ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan dan kerapian rumah agar tidak menarik perhatian serangga ini. Selain itu, rajin-rajinlah mencuci tangan sebelum makan dan selalu mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi demi mencegah datangnya berbagai macam penyakit.