Benarkah Imunisasi Bisa Menyebabkan Kematian?

DokterSehat.Com– Di berbagai belahan dunia, imunisasi bagi anak masih menjadi kontroversi yang menjadi perdebatan banyak pihak. Cukup banyak orang tua yang tidak mau melakukan imunisasi bagi buah hatinya karena menganggap tindakan ini justru hanya akan membuat anak jatuh sakit. Bahkan, ada yang menganggap tindakan ini bisa memberikan efek samping berupa kematian. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-vaksin-polio-anak

Pakar kesehatan dr. Prima Yosephine yang merupakan Ketua Sub Direktorat Imunisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa semua anggapan negatif yang menyebutkan bahwa imunisasi cenderung merugikan kesehatan dan bahkan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh hingga akhirnya menyebabkan kematian adalah hal yang tidak benar adanya. Sebagai contoh, ada kasus dimana anak yang setelah diimunisasi kemudian lumpuh. Setelah dicek lebih seksama, ternyata sang anak terkena TB tulang sebelumnya, bukan karena efek samping dari imunisasi tersebut.

Dalam realitanya, masih banyak masyarakat yang mempercayai mitos yang tidak benar mengenai imunisasi atau vaksin sehingga memilih untuk tidak melakukannya. Padahal, andai hal ini terjadi, maka anak akan memiliki resiko tinggi untuk terkena berbagai penyakit berbahaya di masa depan.

Dr. Prima sendiri kembali menegaskan bahwa imunisasi ditujukan utnuk mencegah datangnya penyakit, bukannya menyebabkan seseorang terkena penyakit. Andai ada efek samping dari vaksin tersebut, maka hal ini biasanya terjadi dalam kasus yang sangat langka sehingga tidak bisa digeneralisasi pada semua orang.

Untuk mencegah adanya efek samping yang tidak diinginkan, ada baiknya orang tua menunggu selama 30 menit setelah melakukan imunisasi di tempat mereka melakukannya sehingga andai terjadi efek samping yang tidak diharapkan, anak bisa segera mendapatkan penanganan yang diperlukan. Menurut dr. Prima, ada beberapa anak yang memiliki kondisi kesehatan tertentu yang belum terdeteksi sebelum imunisasi dan justru langsung mengalami gejala kesehatan begitu mendapatkan imunisasi. Dengan penanganan yang lebih tepat, maka anak pun bisa tetap terjaga kesehatannya dengan baik.