Benarkah Ibu Hamil Dilarang Mengkonsumsi Mayonaise

DokterSehat.Com – Untuk menjaga kesehatan kehamilannya dan memastikan janin berkembang dengan baik, ibu hamil tentu harus menjaga pola makannya sehari-hari tetap sehat dan bergizi. Selain dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat, beberapa jenis makanan juga dijadikan pantangan karena dianggap kurang baik bagi kesehatan kehamilan. Salah satu jenis makanan yang dipercaya sangat tidak baik bagi ibu hamil adalah mayonnaise. Apakah makanan yang terbuat dari campuran telur ayam, cuka, dan juga minyak nabati ini memang tidak baik bagi kesehatan kehamilan?

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak ibu-ibu yang khawatir dengan mayonnaise karena adanya bahan telur ayam. Mereka kahwatir jika bahan telur ayam ini mengandung bakteri salmonella yang memang sudah terkenal luas sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi kesehatan ibu hamil dan janin. Meskipun ketakutan ini masuk diakal, sebenarnya para ibu yang khawatir akan keamanan mayonnaise melupakan satu hal; proses pembuatan mayonnaise yang sebenarnya menjamin produk makanan mereka terbebas dari bakteri berbahaya tersebut.

Mayonnaise ternyata dibuat dengan melalui proses pasteurisasi. Proses ini ternyata diyakini sudah cukup efektif untuk membunuh bakteri salmonella yang berbahaya. Hal ini berarti, andai ibu hamil ingin mengkonsumsi mayonnaise sebagai hidangan sampingan dari makanan lain, maka Ia bisa merasa tenang karena mayonnaise tidak memberikan resiko bagi kesehatan dirinya atau bahkan janin di dalam kandungannya.

Hanya saja, ada baiknya memang ibu hamil harus memilih mayonnaise yang memang sudah dikenal baik dan aman untuk dikonsumsi, dan dipastikan telah melalui proses pasteurisasi yang menjamin bakteri-bakteri berbahaya sudah musnah. Biasanya, informasi tentang proses pembuatan mayonnaise ini sudah dicantumkan pada kemasannya. Bahkan, andai ibu hamil masih ragu akan hal ini, kita bisa mencari informasi tentang sebuah produk mayonnaise di internet atau melalui forum-forum tertentu.