Benarkah Gula Batu Lebih Sehat Untuk Dikonsumsi?

doktersehat-manis-gula-batu-diabetes-sugar

DokterSehat.Com– Gula adalah salah satu bahan makanan yang hampir selalu kita konsumsi setiap hari. Tak hanya dijadikan campuran minuman kopi atau teh, gula juga bisa dijadikan bahan untuk pembuat roti, kue, dan berbagai makanan lainnya. Tak hanya gula putih, terdapat beberapa jenis gula lain yang bisa kita temui di pasaran, baik itu gula aren, pemanis buatan, atau bahkan gula batu. Yang menarik adalah, meskipun sama-sama bisa memberikan rasa manis, gula batu kerap kali dianggap sebagai gula yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bahan pembentuk gula batu adalah larutan gula cair jenuh yang dikristalisasi sehingga memiliki bentuk dan tekstur yang sangat keras. Hal ini berarti, kandungan di dalam gula batu cenderung sama saja dengan yang kita temui di gula pasir, yakni gula sukrosa. Di dalam 100 gram gula pasir, kita bisa menemukan 99.98 gram karbohidrat. Sementara itu, di dalam 100 gram gula batu, 99,70 gramnya adalah karbohidrat. Melihat jumlah karbohidrat yang cenderung setara ini, gula batu sebenarnya tidak lebih sehat dari gula pasir.

Mengkonsumsi gula batu juga akan mempengaruhi kadar gula dalam darah sebagaimana saat mengkonsumsi gula pasir. Hal ini berarti, saat kita mengkonsumsi gula batu, ada baiknya kita membatasinya sebagaimana saat kita mengkonsumsi gula pasir.

Badan Kesehatan Dunia WHO menyebutkan bahwa ada baiknya kita membatasi asupan gula, apapun jenisnya maksimal hanya 50 gram atau sekitar 4 sendok makan saja. Hanya saja, mengingat kita juga terkadang mengkonsumsi gula tanpa sadar dari berbagai camilan atau makanan lainnya, pastikan untuk membatasi penggunaannya sebanyak 25 gram saja setiap hari.

Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa penderita diabetes ada baiknya tidak mudah percaya dengan anggapan yang menyebutkan bahwa gula batu bisa mereka konsumsi dengan aman. Selalu konsultasikan diet anda pada dokter demi mencegah datangnya komplikasi.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik