Benarkah Gondongan Bisa Diatasi Dengan Blau Cuci?

doktersehat-anak-tenggorokan-konsultasi

DokterSehat.Com– Gondongan atau dalam dunia medis disebut sebagai penyakit mumps atau parotitis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus bernama paramyxovirus. Virus ini menyerang kelenjar ludah yang ada di antara telinga dan rahang sehingga membuat bagian tubuh tersebut mengalami pembengkakan.

Pakar kesehatan menyebut penyakit ini cenderung lebih sering menyerang anak-anak dengan usia 2 hingga 12 tahun. Sayangnya, orang dewasa juga bisa mengalami penyakit ini dengan lokasi gejala yang lebih bervariasi, yakni pada buah zakar, pankreas, prostat, payudara, atau bahkan sistem saraf pusat.

Untuk mengatasi penyakit gondongan, biasanya dokter akan meminta penderitanya untuk banyak beristirahat, khususnya jika badan masih bersuhu tinggi dan pembengkakan masih cukup parah. Jika perlu, mereka juga bisa mengkonsumsi obat pereda panas atau nyeri meskipun anak-anak tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat jenis aspirin. Tak hanya dengan banyak beristirahat, khususnya dengan cara berbaring di tempat tidur, kita juga bisa memberikan kompres es pada bagian yang membengkak. Hanya saja, jika virus ini menyerang pankreas sehingga menyebabkan gejala seperti mual dan muntah-muntah, ada baiknya penderita gondongan mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Sebenarnya, gondongan termasuk dalam penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya tanpa diobati. Hanya saja, penderitanya memang harus membatasi asupan makanan dan minuman yang bersifat asam dan sebaiknya lebih sering mengkonsumsi makanan yang lunak.

blau-cuci-doktersehat
Photo Credit: Kaskus

Untuk kepercayaan masyarakat yang menyebutkan bahwa penderita gondongan sebaiknya diolesi blau cuci yang berwarna kebiruan, pakar kesehatan menyebut hal ini sebagai mitos saja. Yang menarik adalah, hal ini sebenarnya adalah cara yang dilakukan oleh orang tua agar anaknya yang sedang gondongan malu dengan wajah yang belepotan warna biru blau sehingga mau beristirahat di rumah dan membuatnya lebih cepat sembuh.