Benarkah Daun Sirih Bisa Mengatasi Mimisan?

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang langsung panik tatkala terkena mimisan. Bagaimana tidak, darah yang mengucur dari lubang hidung ini tentu terlihat sangat mengerikan dan membuat penderitanya menduga-duga jika mereka sedang mengalami masalah kesehatan yang lebih serius. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika mimisan bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni adanya cedera pada hidung, reaksi pada alergi tertentu, atau karena kadar trombosit dalam darah yang menurun drastis. Untuk mengatasi mimisan ini, banyak orang yang menggunakan daun sirih untuk disumbatkan pada lubang hidung. Sebuah pertanyaan pun muncul. Apakah daun sirih memang cukup efektif untuk mengatasi mimisan?

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun daun sirih dikenal sebagai obat tradisional yang dipercaya secara turun-temurun, secara medis daun ini memang bisa mengatasi mimisan. Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa daun sirih memang bisa membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka, termasuk yang ada di dalam lubang hidung yang disebabkan oleh cedera.

Dengan menyumpal lubang hidung yang mengeluarkan darah dengan daun sirih, maka kandungan tannin di dalam daun ini akan meminta tubuh memberikan respon untuk segera menghentikan pendarahan. Tubuh pun akan segera membuat darah yang ada di area yang terluka lebih kental dan mengendap sehingga tak lagi mengeluarkan darah segar.

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Phto Journal, ditemukan fakta menarik dimana selain mampu membantu menghentikan pendarahan pada lubang hidung, daun sirih juga disebut-sebut mampu memberikan pengaruh positif bagi sistem kekebalan tubuh sehingga membuatnya lebih kuat. Tak hanya bisa membuat tubuh kita tidak mudah terkena penyakit berbahaya, sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat tentu saja akan membuat kita lebih cepat untuk menyembuhkan luka atau peradangan.