Benarkah Cuci Muka Setelah Kepanasan di Luar Rumah Terkena Sinar Matahari Bisa Bikin Panu?

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

DokterSehat.Com– Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh banyak orang di Indonesia, yakni jangan langsung mencuci muka jika kita baru saja melakukan aktiftias di luar rumah dan kepanasan karena terkena sinar matahari. Jika kita melakukannya, maka muka akan dipenuhi dengan panu atau bercak-bercak putih. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan kulit bernama dr. Eddy Karta menyebutkan bahwa hal ini ternyata adalah mitos belaka. Menurut beliau, panu tidak akan muncul karena kebiasaan mencuci muka, namun karena tidak mampu menjaga kebersihan tubuh dengan baik seperti jarang mandi atau mencuci muka dengan sabun. Panu sendiri dipicu oleh berkembangnya jamur yang memang seringkali berawal dari gaya hidup yang kurang higienis.

Hanya saja, meskipun bisa dianggap sebagai mitos, langsung mencuci muka setelah kepanasan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari memang sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini bisa memicu belang atau bercak berwarna putih pada kulit wajah yang tidak sama dengan panu. Munculnya belang ini disebabkan oleh stress pada kulit wajah yang disebabkan oleh kondisinya yang masih meradang akibat panas namun langsung disiram dengan air dingin. Sebagai informasi, stress pada kulit ini dipicu oleh berubahnya suhu pada kulit dengan signifikan sehingga pembuluh darah pun menyempit dengan mendadak.

Lantas, jika wajah kita terasa sangat kotor setelah berada di luar ruangan kita tetap tidak mencuci atau membilasnya terlebih dahulu? Dr. Eddy menyebutkan bahwa tunggulah selama 10-15  menit setelah masuk ke dalam rumah sehingga suhu pada kulit wajah tidak terlalu panas dan bisa beradaptasi sebelum kita siram dengan air dingin. Hal ini tentu tidak akan membuat kulit menjadi stress atau mengalami belang-belang berwarna putih.