Benarkah Cara Bersalaman Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang?

DokterSehat.Com– Salah satu ekspresi komunikasi yang dilakukan oleh manusia saat pertama kali bertemu atau menyetujui sesuatu hal bersama adalah bersalaman. Yang menarik adalah, budaya bersalaman ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda untuk setiap orang, apalagi yang berasal dari tempat yang berbeda. Selain itu, ada orang yang menganggap cara bersalaman seseorang bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-jabat-tangan-umur

Pakar ahli komunikasi yang berasal dari University of Otago, Selandia Baru, bernama Jesse Bering menyebutkan bahwa kebiasaan bersalaman sudah muncul sejak abad ke 12 sebelum masehi. Di jaman dahulu, bersalaman ditujukan untuk berdamai karena menunjukkan bahwa tangannya kosong dan tidak membawa senjata atau penyakit menular apapun. Selain itu, bersalaman adalah simbol kepercayaan akan sebuah perjanjian yang baru saja dibuat.

Untuk anggapan yang menyebutkan bahwa salaman bisa menunjukkan kepribadian seseorang, ahli bahasa tubuh Lillian Glass, Ph.D menyebutkan bahwa hal ini ternyata benar adanya. Sebagai contoh, jika seseorang cenderung bersalaman dengan kuat dan kencang, maka Ia termasuk dalam orang yang memiliki kepribadian ingin mendominasi atau menunjukkan sikap berkuasa. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bersalaman dengan genggaman yang kuat dan dilakukan dengan kontak mata yang mantap dan durasi yang cukup lama menunjukkan bahwa Ia adalah orang yang terbuka dan siap untuk pengalaman baru.

Bagi mereka yang cenderung bersalaman dengan genggaman yang lemas, mereka cenderung memiliki kepribadian mudah cemas, gugup, hingga stress. Hanya saja, hal ini juga bisa berarti kita kurang tertarik atau menghargai orang yang mengajak bersalaman sehingga ingin segera cepat-cepat menyelesaikannya.

Jika anda bersalaman namun merasa canggung untuk menatap muka orang lain, bisa jadi anda termasuk dalam orang yang kurang nyaman di situasi sosial atau sedang tidak tertarik saja untuk beramah-tamah lebih dalam dengan orang lain. Sementara itu, jika anda bersalaman dengan tatapan mata yang terlalu lama, bisa jadi hal ini menandakan bahwa anda memiliki sifat agresif.