Benarkah Cadel Disebabkan Oleh Lidah Berukuran Lebih Pendek?

doktersehat-lidah-kanker

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah bertemu dengan orang yang kesulitan melafalkan huruf L dan R dengan jelas. Biasanya, kita memanggil mereka sebagai orang cadel. Kebanyakan orang berpikir jika cadel disebabkan oleh ukuran lidah yang lebih pendek dari biasanya. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan Prof. Dr. drg. Melanie Djamil, MBiomed dari Universitas Trisakti menyebutkan bahwa penyebab cadel ada dua, yakni bentuk lidahnya yang lebih kecil atau kondisi kelainan lidah yang bernama tongue tie. Khusus untuk masalah tongue tie, hal ini disebabkan oleh otot lidah yang terikat atau tertahan sehingga tidak mampu bergerak dengan leluasa untuk menyentuh bagian atas langit-langit mulut dan akhirnya mengalami kesulitan melafalkan huruf L atau R.

Anak-anak yang mengalami kondisi ini biasanya tinggal dilatih otot lidah dan rongga mulutnya agar tidak kembali cadel. Hanya saja, jika setelah dilatih oleh speech therapy anak tetap saja cadel dan berlanjut hingga dewasa, maka Ia bisa saja melakukan operasi untuk memotong bagian otot yang terikat sehingga lidah pun bisa lebih leluasa untuk mengucapkan huruf layaknya L dan R.

Proses operasi ini tidaklah berat untuk dilakukan. Pasien juga hanya perlu dibius lokal di sekitar lidah saja dan proses pemotongan bagian otot pun dilakukan dengan cepat. Menurut Prof. Melanie, operasi ini akan lebih mudah untuk dilakukan saat masih anak-anak jika dibandingan dengan orang dewasa karena proses pemulihannya juga akan berlangsung dengan lebih cepat. Hanya saja, anak juga harus berada dalam kondisi sehat, tidak demam, dan terlahir dengan berat badan yang cukup untuk bisa melakukannya.

Meskipun sudah melakukan operasi, belum tentu kita langsung bisa menghilangkan kebiasaan cadel. Biasanya, mereka harus didampingi fisioterapi atau pelatih bicara agar berlatih untuk mengucapkan R dan L dengan benar.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik