Nanas Madu Menurunkan Kolesterol, Benarkah?

Porsi-nanas-ibu-hamil-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Kyle McDonald

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita cukup sering menemukan penjual buah nanas madu yang ada di pinggir jalan. Buah yang memiliki ukuran lebih kecil dari nanas pada umumnya ini diklaim memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan buah nanas pada umumnya.

Banyak orang yang percaya bahwa dengan mengonsumsi buah nanas madu ini, maka kita bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan nutrisi bernama Jansen Ongko, MSc, RD, berkata bahwa nanas madu adalah salah satu buah yang kaya akan berbagai vitamin, serat, antioksidan, mineral, mangan, dan juga vitamin C. Dengan rutin mengonsumsi buah yang manis ini, maka kita bisa mendapatkan manfaat nanas madu dari kadar vitamin C yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Buah Enak Ini Mampu Menurunkan Kolesterol

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, maka kita bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah flu, menjaga kesehatan pembuluh darah, hingga menstabilkan kadar kolesterol. Adanya kandungan serat juga mampu membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh dengan signifikan.

Tak hanya vitamin C, kandungan mangan yang ada pada buah nanas madu ini juga bisa membantu tubuh memecah asam amino dan protein dengan lebih baik. Selain itu, mangan juga mampu mencegah diabetes sekaligus menurunkan kadar gula darah.

Khasiat nanas madu ternyata berfungsi sebagai anti-inflamasi sehingga bisa mencegah adanya peradangan dan gangguan pada metabolisme tubuh, ini karena nanas enzim bromelain.

Adanya enzim ini membuat sistem metabolisme pada tubuh bisa bekerja dengan lebih maksimal sehingga lemak pun bisa diubah menjadi energi dengan lebih efektif.

Namun, bukan berarti hanya mengonsumsi nanas madu, Anda sudah bisa menurunkan kadar kolesterol. Menurut Jansen, kita juga harus lebih baik dalam mengatur pola makan sehat, khususnya dalam memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan.

Manfaat Nanas untuk Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak dan timbunan lemak di dalam darah dan arteri. Dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, diabetes dan tekanan darah tinggi. Sementara itu, banyak hal yang bisa menurunkan kadar kolesterol, termasuk mengonsumsi nanas.

1. Mencegah kelebihan lemak

Nanas kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Kandungan bromelain dalam nanas membuatnya sangat baik dalam membantu pencernaan protein dan mencegah kelebihan lemak dan protein dalam darah.

2. Melancarkan sirkulasi darah

The “Whole Foods Encyclopedia” melaporkan bahwa bromelain yang ditemukan dalam nanas, juga mengurangi koagulasi darah yang berlebihan akibat arteri yang tersumbat dan sirkulasi darah yang lamban sering disebabkan oleh kolesterol tinggi.

3. Antioksidan

Nanas kaya akan vitamin C, dan manfaatnya berasal dari sifat antioksidan. Mereka bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang merusak yang mendorong pembentukan plak yang mengarah ke atherosclerosis dan penyakit jantung diabetes.

4. Sumber bromealin

Nanas adalah satu-satunya sumber bromelain multi-fungsi yang dapat dimakan. Selain itu, rendah lemak dan kalori sambil menyuplai banyak vitamin. Nanas memiliki rasa manis, berair dan eksotis dan merupakan salah satu makanan paling sehat yang tersedia.

5. Cegah pembekuan darah

Nanas membantu mencegah pembekuan darah, menjaga plak membentuk arteri dan memberikan manfaat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Nanas bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul segar, kalengan, jus, dan dalam bentuk kapsul.

Baca juga: Pengobatan Alami Ini Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat Nanas Lainnya

Nanas mengandung semua nilai harian vitamin C yang direkomendasikan, menurut FDA. Vitamin C adalah antioksidan utama yang larut dalam air yang memerangi kerusakan sel, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Ini membuat vitamin C menjadi pertahanan yang membantu melawan masalah seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

1. Menguatkan tulang

Nanas dapat membantu Anda tetap sehat dan kuat. Buah ini mengandung hampir 75 persen dari nilai mineral mangan yang direkomendasikan harian, yang sangat penting dalam mengembangkan tulang kuat dan jaringan ikat. Berdasarkan studi 1994 menunjukkan bahwa mangan, bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita pasca-menopause.

2. Kesehatan mata

Nanas dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, penyakit yang memengaruhi mata seiring bertambahnya usia, sebagian karena tingginya jumlah vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya.

Baca juga: Nanas Mampu Melangsingkan Tubuh Sampai Mencegah Kanker

3. Pencernaan

Seperti banyak buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat makanan, yang penting dalam menjaga Anda tetap teratur dan menjaga kesehatan usus. Namun tidak seperti buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan.

4. Peradangan dingin dan sinus umum

Selain memiliki banyak vitamin C, bromelain nanas dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung, menurut University of Maryland Medical Center. Jadi jika pilek dan batuk, cobalah mengonsumsi beberapa potongan nanas. Mereka yang memiliki alergi mungkin ingin mempertimbangkan menambahkan nanas ke dalam makanan mereka lebih teratur untuk mengurangi lendir sinus dalam jangka panjang.

Jadi, di antara banyaknya manfaat, buah nanas ternyata juga bisa menurunkan kolesterol, Teman Sehat!