Benarkah Brown Sugar Baik Untuk Penderita Diabetes?

www.flickr.com / Bianca Moraes

DokterSehat.Com– Anda sudah pernah mendengar istilah brown sugar? Brown sugar adalah salah satu jenis gula yang kini banyak digunakan untuk campuran minuman. Belakangan ini brown sugar dissebut mampu mendukung diet pada penderita diebetes, benarkah demikian?

Brown sugar merupakan salah satu jenis gula yang bentuknya sama dengan gula pasir biasa. Yang membedakan brown sugar dengan gula pasir biasa adalah penambahan molases. Molases inilah yang memberikan warna cokelat pada brown sugar.

Brown sugar sebenarnya bukanlah sebuah produk baru, namun lazimnya memang tidak digunakan untuk campuran minuman harian seperti teh atau kopi. Menurut British Sugar.co, ada berbagai jenis dan komposisi brown sugar yang sangat baik digunakan sebagai penambah cita rasa, warna dan tekstur pada berbagai roti atau kue. Sehingga penggunaan brown sugar sebenarnya difokuskan sebagai bahan baku pada pembuatan makanan olahan.

Dilihat dari kandungan gizinya, brown sugar sebenarnya tidak banyak berbeda jika dibandingkan dengan gula pasir. Berdasarkan data dari United States Departemen of Agriculture, brown sugar memiliki kandungan kalori hanya 2% lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir biasa dengan berat yang sama.

Menurut Jacyln Reutens, dietitan dari Aptima Nutrition and Sport Consultans, penggunaan brown sugar pada penderita diabetes tidak banyak membantu keberhasilan diet diabetes.

Kandungan karbohidrat serta efek brown sugar dalam peningkatan kadar gula darah tidak lebih baik dari gula pasir biasa. Dari segi kandungan gizi, satu-satunya yang membedakan hanyalah adanya kandungan molases pada brown sugar.

Penggunaan brown sugar sebagai campuran minuman tentu boleh-boleh saja, namun pada penderita diabetes tetap harus membatasi asupan jumlah gulanya, baik gula biasa ataupun brown sugar sesuai dengan kebutuhan hariannya, ya.