Benarkah Bra Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Payudara?

DokterSehat.Com – Setiap wanita mengenakan pakaian dalam berupa bra untuk menopang payudaranya, di masyarakat sendiri berkembang pernyataan bahwa memakai bra setiap hari akan menyebabkan kanker payudara. Tentu hal ini membuat para wanita panik karena semuanya menggunakan pakaian dalam tersebut. Tapi benarkah bra dapat menyebabkan kanker?

13

Penelitian terbaru menyebutkan tidak ada hubungan antara pemakaian bra dengan kejadian kanker payudara pada wanita, penelitian ini melibatkan 1044 wanita pasca menopause yang terdiagnosa kanker payudara dan dibandingkan dengan 469 wanita pasca menopause yang tidak memiliki kanker payudara. Mereka ditanyai mengenai kebiasaan menggunakan bra dan juga riwayat kanker pada keluarga mereka.

Hasilnya, disimpulkan menggunakan bra tidak beresiko menimbulkan kanker payudara dan tidak ada pengaruh antara lamanya menggunakan bra dengan kejadian kanker payudara, meskipun bra tersebut menggunakan kawat.

Bra sebelumnya pernah dianggap menjadi salah satu penyebab kanker payudara, hal ini disebabkan oleh sebuah penelitian di tahun 1991 yang menemukan sedikit hubungan antara penggunaan bra dengan tingkat kejadian kanker. Namun, penelitian terbaru telah membantahnya, sehingga rumor tersebut tak perlu menyebar lagi.

So, Ladies tidak perlu khawatir menggunakan bra, namun beri waktu istirahat dari bra di malam hari agar tetap sehat dan nyaman.