Benarkah Bir Bisa Mencegah Munculnya Diabetes?

DokterSehat.Com – Bir kerap kali dianggap sebagai salah satu minuman yang kurang baik bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan alkohol. Namun, beberapa penelitian terbaru menunjukkan fakta mengejutkan dimana andai kita mengkonsumsi bir dengan jumlah yang moderat dan tidak berlebihan, kita justru akan mendapatkan manfaat kesehatan berupa menurunnya resiko terkena beberapa jenis penyakit berbahaya, khususnya diabetes. Penyakit apa sajakah yang bisa dicegah oleh konsumsi bir ini?

doktersehat-minuman-kaleng-bir-soda

Mencegah Diabetes tipe 2
Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda dan dilakukan pada 38 ribu pria menyebutkan jika pria yang rutin mengkonsumsi bir dengan jumlah yang moderat selama empat tahun justru akan menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 dengan signifikan. Sayangnya, andai konsumsi minuman beralkohol ini cenderung meningkat, maka resiko terkena diabetes pun akan tetap tinggi. Karena alasan inilah ada baiknya konsumsi bir tetap dijaga dalam kadar yang moderat saja.

Mencegah masalah kesehatan ginjal
Penelitian yang dilakukan di Finlandia, salah satu negara dimana warganya cukup gemar mengkonsumsi bir, menyebutkan jika andai pria meminum satu gelas bir setiap hari, maka resiko terkena masalah batu ginjal akan menurun hingga 40 persen. Meskipun belum benar-benar mengetahui kaitan antara konsumsi bir dengan batu ginjal, para peneliti menduga bahwa konsumsi bir akan memicu kita lebih sering buang air kecil dan akan membantu menjaga kesehatan ginjal.

Menjaga kesehatan jantung
Penelitian di Italia menyebutkan jika dengan mengkonsumsi bir secara moderat, maka resiko terkena penyakit jantung ternyata bisa menurun hingga 42 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya. Hanya saja, ada baiknya konsumsi bir ini dibatasi hingga 1 liter saja setiap harinya.

Meningkatkan kreativitas
Jurnal Consciousness and Cognition mempublikasikan hasil studi yang menunjukkan fakta bahwa dengan rutin meminum bir dengan jumlah moderat, maka kita bisa menjadi semakin kreatif. Penelitian ini menyebutkan jika dari 40 pria yang menonton film sambil mengerjakan teka-teki verbal, pria yang meminum bir dengan kadar alkohol dalam darah sekitar 0,075 akan lebih cepat menyelesaikan teka-teka jika dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum bir.