Benarkah Biji Alpukat Bisa Mengobati Penyakit Ginjal?

DokterSehat.Com – Belakangan ini memang cukup banyak mitos yang berkembang di media sosial yang menyebutkan jika beberapa bahan alami ternyata bisa mengobati penyakit berbahaya. Salah satunya adalah kabar yang menyebutkan jika biji alpukat ternyata bisa menyembuhkan penyakit ginjal yang mematikan. Di dalam kabar yang beredar luas di media sosial ini, disebutkan bahwa penderita penyakit ginjal tidak perlu buru-buru cuci darah dan hanya perlu mengkonsumsi biji alpukat terlebih dahulu untuk menyembuhkan penyakitnya. Buah alpukat yang sebelumnya diiris hingga kecil dan dijemur hingga kering ini bisa digiling hingga halus dan kemudian kita seduh layaknya saat kita mengkonsumsi kopi dan jika kita konsumsi secara rutin, akan dengan cepat mengatasi penyakit ginjal. Apakah kabar ini benar adanya?

doktersehat-alpukat-avocado

Pakar kesehatan Leona Victoria Djajadi, MND, berkata bahwa telah ada beberapa penelitian kesehatan yang menyebutkan jika biji alpukat memang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, penelitian-penelitian tersebut belum pernah diujicobakan pada tikus ataupun pada manusia. Alhasil, belum ada bukti yang klinis yang menunjukkan fakta bahwa biji alpukat memang bisa mengobati penyakit ginjal.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan, diketahui bahwa ekstrak biji alpukat memang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, tekanan darah, hingga lemak darah. Ketiga hal tersebut memang memiliki kaitan erat dengan penyakit ginjal. Sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa jika kita meminum biji alpukat, kinerja ginjal akan terbantu atau penyakit ginjal akan sembuh.

Pakar kesehatan nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD, juga mendukung pernyataan Leona. Menurut Jansen, buah alpukat memang baik bagi kesehatan ginjal mengingat adanya kandungan lemak sehat yang sangat baik bagi organ ini, sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang pasti tentang manfaat biji alpukat dalam mengatasi penyakit ini. Hal ini berarti, kabar yang beredar di media sosial ini ternyata kurang tepat dan sebaiknya penderita penyakit ginjal memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan penanganan kesehatan yang tepat.