Benarkah Berenang Bisa Membuat Kulit Menghitam?

DokterSehat.Com– Berenang termasuk dalam olahraga yang disukai oleh banyak orang, khususnya anak muda. Olahraga ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan seperti membuat tubuh lebih bugar, membuat pikiran lebih rileks, hingga membakar kalori yang tentu bisa membuat berat badan cepat turun. Sayangnya, banyak orang yang ragu-ragu untuk melakukan olahraga ini karena takut kulitnya menjadi lebih gelap.

doktersehat-renang-olahraga

Berenang di kolam renang outdoor yang langsung membuat kita terkena paparan sinar matahari memang bisa membuat kulit menjadi lebih gelap. Hal ini disebabkan oleh paparan langsung dari bahan kaporit yang kerap dicampurkan dalam air kolam renang. Sebagai informasi, kaporit atau klorin memang banyak diberikan pada air kolam renang agar air ini terlihat lebih bersih dan jernih. Sayangnya, kaporit ini bisa memicu kerusakan pada lapisan kulit yang membuat kulit akhirnya menjadi lebih sensitif dengan paparan sinar matahari secara langsung. Hal inilah yang akhirnya membuat kulit menghitam.

Yang menjadi masalah adalah, tak hanya menyebabkan kulit menghitam, paparan kaporit ini juga bisa menyebabkan kerusakan lapisan kolagen yang melindungi kulit. Hal ini akhirnya memicu masalah kulit kering,  kusam, dan terasa ketat setelah berenang.

Demi menghindari kulit yang menghitam atau rusak setelah berenang, ada baiknya kita menggunakan produk lotion pelindung kulit atau sunblock yang bisa meminimalisir kerusakan kulit saat berenang. Selain itu, segera ganti pakaian yang baru saja dipakai untuk berenang dan cucilah pakaian tersebut hingga bersih agar tidak memicu masalah ruam-ruam pada kulit.