Benarkah Bayi Perlu Untuk Dipijat?

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang banyak dilakukan oleh orang tua yang baru memiliki bayi adalah memberikan pijatan pada buah hatinya. Tak hanya melakukannya sendiri, bayi juga bisa dipijat pada tukang pijat khusus bayi yang memang banyak tersedia di berbagai tempat. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya apakah bayi memang perlu untuk dipijat?

doktersehat-hidrosefalus-bayi-kelainan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita ternyata tidak bisa sembarangan memegang atau menggendong bayi yang masih memiliki tubuh cenderung ringkih. Hal ini berarti, memberikan pijatan pada bayi juga sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Sebenarnya, bayi tidak harus dipijat, namun, jika kita memijatnya dengan benar, bayi juga akan mendapatkan manfaat kesehatan.

Ada baiknya bayi dipijat oleh orangtuanya sendiri karena orang tua biasanya akan lebih berhati-hati dalam melakukannya. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat anak dan orang tua lebih dekat secara emosional. Hanya saja, jika orang tua tidak tahu bagaimana cara memijat bayi dengan aman, mereka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahlinya. Jika bayi dipijat dengan baik, maka tubuh bayi akan terasa lebih nyaman dan rileks. Hal ini akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar dan akhirnya berimbas pada tidur yang jauh lebih nyenyak.

Saat memijat bayi, ada baiknya kita melakukan gerakan yang lembut. Berbeda dengan cara memijat orang dewasa yang biasanya membutuhkan tenaga yang cukup besar, kita justru sebaiknya tidak menekan tubuh bayi dengan keras. Tak hanya itu, pastikan untuk memijat bayi dalam keadaan tangan yang benar-benar bersih. Jika kita ingin menggunakan minyak, pastikan untuk memakai baby oil yang aman bagi kulit bayi, bukannya minyak urut yang dipakai untuk memijat orang dewasa. Jika kita salah memilih minyak saat memijat bayi, bisa jadi bayi akan rewel dan tidak nyaman.