Benarkah Bayi Laki-Laki Rentan Terkena Diabetes Sejak Dalam Kandungan?

doktersehat-kehamilan-hamil

DokterSehat.Com– Diabetes gestasional adalah kondisi diabetes atau tingginya kadar gula darah selama kehamilan. Umumnya kondisi ini terjadi hingga proses melahirkan. Ibu hamil yang mengalami daibetes gestasional akan cenderung mengalami diabetes tipe 2 di kemudian hari. Menurut penelitian terbaru, ibu yang mengalami diabetes gestasional dapat menurunkan risiko penyakit tersebut pada janin.

Bayi laki-laki rentan mengalami diabetes gestasional

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengidap diabetes berisiko menurunkan penyakit tersebut pada janin yang dikandungnya hingga 6 kali lipat.

Penelitian tersebut dilakukan pada 255 anak yang mengalami obesitas, dan dilakukan pemeriksaan apakah ibu mereka mengalami diabetes gestasional atau tidak selama kehamilan. Hasilnya, sebanyak 31 persen anak dengan ibu yang mengidap diabetes gestasional dapat mengalami kondisi serupa seperti gangguan toleransi glukosa.

Lebih lanjut, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa jenis kelamin bayi ternyata memengaruhi risiko bayi mengalami diabetes gestasional. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, bayi dengan jenis kelamin laki-laki lebih rentan terkena diabetes dibanding dengan bayi perempuan. Belum diketahui penyebab pasti mengenai kondisi ini namun para ahli berpendapat bahwa janin laki-laki menyebabkan perubahan metabolisme lebih besar dari janin perempuan.

Mengatasi diabetes gestasional

Diabetes gestasional umumnya terjadi pada trimester kedua atau setelah memasuki usia kehamilan 6 bulan. Karena itu penting bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin pada usia kehamilan tersebut.

Selain melakukan pemeriksaan rutin, Anda bisa mengatasi diabetes dengan beberapa cara berikut ini, di antaranya:

1. Menjaga pola makan sehat

Penting bagi ibu hamil untuk menjaga pola makan sehat agar kadar gula darah tetap normal. Pola makan sehat didapat dengan makanan gizi seimbang dan hindari makanan yang mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi.

2. Rutin olahraga
Olahraga dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda di kisaran normal. Lakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari seperti jalan kaki, berenang, dan sepeda santai.