Benarkah Batuk Kering dan Berdahak Harus Diobati Dengan Obat yang Berbeda?

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap melihat di iklan-iklan televisi yang menjelaskan bahwa batuk berdahak dan juga batuk kering harus diobati dengan dua jenis obat yang berbeda. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini ternyata tidak begitu tepat. Menurut Profesor Alyn Morice yang berasal dari University of Hull di Inggris, penggunaan dua jenis obat yang berbeda untuk dua jenis batuk ini sebenarnya hanyalah strategi pemasaran dari produsen obat saja.

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Profesor Morice termasuk dalam pihak-pihak yang ingin kebenaran akan hal ini diungkapkan. Menurut beliau, apoteker kini tidak perlu lagi menanyakan apakah batuk yang dialami oleh pasien adalah batuk kering atau batuk berdahak karena sebenarnya obat yang diberikan sama sekali tidak berbeda. Hal yang berbeda terjadi andai pasien mengalami masalah kesehatan yang lebih serius layaknya tuberculosis atau bahkan penyakit bronchitis kronis yang memang membutuhkan penanganan medis yang jauh lebih baik agar bisa sembuh.

Berkat adanya berbagai penelitian, termasuk yang hasilnya telah dipublikasikan dalam jurnal berjudul Clinical Pharmacist, diketahui bahwa hanya ada sedikit sekali perbedaan antara kedua jenis batuk tersebut. Profesor Morice sendiri berkata bahwa semua jenis batuk sebenarnya dipicu oleh hipersensitivitas refleks batuk yang terjadi pada ujung saraf pada tenggorokan kita pada berbagai hal yang memicu iritasi, bukan karena apakah ada dahak atau tidak.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di King’s College Hospital yang ada di London, Inggris yang ditujukan untuk memeriksa berbagai obat batuk di Inggris, menghasilkan fakta bahwa sebenarnya baik itu batuk berdahak maupun batuk kering ternyata diobati oleh obat yang sama. Selain itu, obat batuk sirup juga diyakini kurang efektif untuk mengatasi batuk akut. Melihat adanya fakta-fakta ini, kita tentu tidak perlu lagi bingung memilih obat batuk karena memang obat batuk yang kita butuhkan untuk mengatasi penyakit ini ternyata sama saja.