Benarkah Banyak Minum Air Putih Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

DokterSehat.Com– Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan banyak minum air putih. Sebagai contoh, kita bisa mendukung sistem metabolisme tubuh dan membuat kita lebih baik dalam berkonsentrasi. Tak hanya itu, cukup banyak orang yang menyebutkan bahwa banyak minum air putih bisa membuat kita menurunkan berat badan. Apakah hal ini memang benar adanya?

doktersehat-minum-air-cegah-hipertensi

Pakar kesehatan dr. Budi Wiweko, SpOG menyebutkan bahwa meskipun tidak memberikan manfaat secara langsung, banyak minum air putih memang bisa menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh konsumsinya yang bisa berdampak pada menurunnya konsumsi air yang mengandung perasa. Hal ini berarti, kita pun akan menurunkan asupan gula, salah satu penyebab dari masalah berat badan.

Tahukah anda jika rasa lapar ternyata bisa disebabkan oleh selain rasa lapar? Kadangkala, kondisi pikiran yang sedang stress atau keinginan untuk mengkonsumsi sesuatu yang terasa manis bisa menimbulkan rasa lapar tersebut. Sebelum kita terpancing untuk mengkonsumsi air dengan perasa atau ngemil camilan yang tidak sehat dan kaya akan kalori, kita bisa mensiasatinya dengan meminum air putih yang bebas dari kandungan gula.

Lantas, seberapa banyak air putih yang sebaiknya kita konsumsi setiap hari? Kita tentu sudah mengenal standar asupan air putih dalam sehari, yakni sekitar delapan gelas. Hanya saja, jika kita termasuk dalam orang yang rajin melakukan aktifitas fisik atau bekerja keras, kita bisa menambah asupan air putih tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Birmingham pada tahun 2015 lalu, disebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi air putih sebanyak setengah liter sebelum makan ternyata bisa menurunkan berat badan dengan signifikan. Dengan melakukannya, para partisipan yang dilibatkan dalam penelitian tersebut ternyata berhasil menurunkan berat badannya rata-rata 4,3 kg dalam waktu 12 minggu.