Benarkah Banyak Mengkonsumsi Vitamin C Saat Flu Bisa Membuat Lebih Cepat Sembuh?

DokterSehat.Com– Mengingat kini sebagian besar wilayah di tanah air sedang dilanda musim pancaroba, maka belakangan ini kita cukup mudah menemukan orang yang terkena flu, pilek, atau bahkan batuk. Saat terkena penyakit-penyakit tersebut, cukup banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi karena berpikir jika hal ini akan membuatnya lebih cepat sembuh. Apakah hal ini memang benar-benar mampu menyembuhkan flu, pilek, dan batuk?



Pakar kesehatan Cynthia Sass, MPH, RD, menyebutkan bahwa saat kita sudah terlanjur terkena flu, pilek, dan batuk, lalu hanya mengkonsumsi vitamin C untuk menyembuhkannya, hal ini ternyata kurang efektif untuk mengatasi penyakit-penyakit tersebut. Menurut Sass, anggapan bahwa vitamin C bisa menyembuhkan flu ternyata disebabkan oleh banyaknya penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi vitamin ini akan membuat mereka tidak mudah terkena flu, batuk, dan pilek. Sayangnya, tidak semua orang ternyata mendapatkan efek yang serupa dari hal ini.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa konsumsi vitamin C bisa membuat dampak positif bagi kesehatan kaum pria, khususnya dalam mencegah datangnya penyakit ini. Namun, bagi kebanyakan wanita, konsumsi vitamin C ini tidak berdampak signifikan dalam mencegah flu atau pilek.

Hanya saja, bukan berarti kita sama sekali tidak memerlukan vitamin C saat terkena flu, pilek, atau batuk. Vitamin C tetap dibutuhkan untuk membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga kita tidak mudah terkena penyakit. Namun, Sass juga menyarankan kita untuk menjaga asupan makanan sehat setiap hari agar bisa mendapatkan nutrisi dan gizi yang akan mendukung kesehatan dan berbagai fungsi tubuh secara keseluruhan.

Ada cukup banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk menyembuhkan flu, pilek, dan batuk, namun, jika penyakit ini juga tidak kunjung sembuh, segeralah memeriksakan kondisi ini ke dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat.