Benarkah Bangun Terlalu Pagi Kurang Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Ada sebah pepatah yang berkata jika kita ingin sukses, bangunlah pagi-pagi setiap hari. Memang, dengan bangun pagi, kita akan mendapatkan banyak waktu luang di pagi hari sebelum memulai aktifitas harian. Selain itu, udara pagi yang cenderung segar dan sinar matahari yang masih hangat bisa kita nikmati untuk menghilangkan stress atau bahkan untuk berolahraga dengan maksimal. Sayangnya, jika kita bangun terlalu pagi, kita justru bisa mendapatkan resiko kesehatan yang buruk. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-obat-tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Parricia Wong dan kawan-kawan dari University of Pittsburgh dilakukan untuk menganalisa perubahan rutinitas harian tidur layaknya bangun pada jam yang sangat pagi, khususnya di hari kerja, dengan adanya resiko beberapa kondisi kesehatan layaknya obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes. Penelitian ini sendiri melibatkan 447 partisipan orang dewasa dengan rentang usia 30 hingga 54 tahun. Semua partisipan ini diketahui memiliki jam kerja yang cukup panjang di kantor setiap harinya.

Hasil dari penelitian ini adalah, banyak partisipan yang terpaksa bangun dengan sangat pagi di hari kerja, dan biasanya mereka terbangun karena mendengarkan alarm. Bangun tidur yang dikarenakan oleh alarm ternyata bisa menyebabkan mereka terbangun dalam kondisi yang kurang segar. Dari semua partisipan, hampir 85 persen diantaranya ternyata hanya menjalani siklus tidur setengahnya saja karena harus terbangun demi bersiap diri karena bekerja. Mereka pun mengalami kondisi yang disebut dengan jet lag sosial dimana justru saat di tempat kerja, mereka merasa lemas, mengantuk, dan kurang berkonsentrasi. Mereka yang mengalami kondisi ini akan cenderung memiliki kadar kolesterol yang sangat buruk, indeks massa tubuh dan ukuran lingkar pinggang yang lebih besar, dan resistensi insulin yang lebih besar.

Baca Juga:  Awas Jangan Sepelekan Alergi

Lantas, apakah salah jika kita bangun pagi-pagi? Pakar kesehatan menyebutkan jika sebenarnya hal ini tidak akan terjadi jika kita tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya. Sayangnya, banyak orang yang tetap tidur larut namun terbangun pagi-pagi sehingga waktu tidur setiap malamnya pun tidak cukup berkualitas dan bisa mengganggu kondisi kesehatannya.