Benarkah Anus Kerap Gatal Selalu Disebabkan oleh Cacingan?

DokterSehat.Com– Salah satu kondisi kesehatan yang membuat rasa tidak nyaman adalah gatal-gatal, dimanapun berada. Hanya saja, jika gatal-gatal ini muncul di bagian anus, maka kita pun akan merasa sangat tidak nyaman, apalagi jika kita merasakannya di tempat umum. Banyak orang yang mengaitkannya dengan masalah cacingan. Apakah memang hal inilah adalah satu-satunya penyebabnya?

Pakar kesehatan dr. Ayu Yuni Andini yang berasal dari Klinik Cempaka Putih, Jakarta Pusat, menyebutkan bahwa penyebab utama dari gatal-gatal pada anus adalah bakteri di dalamnya. Tak hanya itu, kondisi wasir juga bisa memicu masalah yang sama. Karena alasan inilah ada baiknya penderita wasir selalu rutin mengganti celana dalamnya demi meminimalisir perkembangan bakteri sehingga mencegah gatal-gatal.

Pakar kesehatan lainnya, Prof. dr. Supargiyono, dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyebutkan bahwa gatal-gatal pada anus memang bisa saja disebabkan oleh masalah cacing kremi, khususnya yang berjenis betina. Cacing ini akan bertelur dan membiarkan telurnya pada anus kita sehingga memicu gatal-gatal. Jika diperiksakan ke dokter, maka bagian anus terlihat seperti ada parutan kelapa menempel yang merupakan cacing kremi.

Apakah tidak apa-apa jika kita menggaruk gatal pada anus ini? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebenarnya tidak masalah untuk menggaruknya asalkan tidak melakukannya dengan terlalu keras karena bisa memicu luka. Hanya saja, jika masalah gatal-gatal ini disebabkan oleh cacing kremi, ada baiknya kita tidak menggaruknya karena bisa memicu infeksi, peradangan, atau bahkan bisa membuat cacing ini menempel pada tangan dan akhirnya  berpindah pada benda atau orang lain.

Jika penyebab dari gatal-gatal ini adalah cacing kremi, segera periksakan kondisi ini ke dokter agar bisa mendapatkan obat-obatan yang tepat sehingga kita pun tidak akan lagi mengalami gatal-gatal.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik