Benarkah Angin Malam Menyebabkan Masuk Angin?

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah penyakit yang hanya dikenal di Indonesia, yakni masuk angin. Masuk angin bisa dijabarkan sebagai kondisi dimana badan terasa tidak enak dengan perut yang juga terasa tidak nyaman. Dalam dunia medis, belum ada nama yang sesuai untuk mendefinisikan penyakit ini. Satu hal yang pasti, banyak orang yang mengeluhkan masalah kesehatan ini karena bisa membuat terganggunya aktifitas sehari-hari.

doktersehat-influenza-sinus

Pakar kesehatan dr. Mulia Sp.PD yang berasal dari Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Jakarta menyebut masuk angin sebagai gejala kombinasi dari dua masalah kesehatan, yakni maag dan juga flu. Sebagaimana kita ketahui, maag memiliki gejala berupa perut kembung dan tidak nyaman, penuh dengan gas, sensasi panas di dada, dan membuat kita sering bersendawa. Sementara itu, flu bisa membuat kita merasakan sensasi sakit pada tenggorokan, pilek, batuk, hidung tersumbat, hingga demam. Pilek juga bisa membuat badan terasa tidak enak dan otot yang pegal-pegal.

Lantas apa penyebab dari masuk angin ini? dr. Mulia menyebutkan bahwa gejala kesehatan ini bisa disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh yang membuat kita mudah terkena paparan virus flu dan juga mengalami masalah pencernaan yang membuat asam lambung naik dan penyebab maag lainnya.

Banyak orang yang menganggap angin malam mampu menyebabkan masuk angin karena suhu udaranya yang lebih dingin dan lebih kering. Angin malam yang dingin ini memang bisa membuat selaput lendir sekaligus bulu hidung tidak berfungsi dengan semestinya sehingga kita pun lebih rentan terkena flu. Flu inilah yang membuat kita terkena pilek dan sayangnya hal ini juga berimbas pada menurunnya nafsu makan. Jika kita menuruti rasa malas untuk makan ini, maka resiko untuk terkena maag juga meningkat. Kombinasi dari flu dan maag inilah yang akhirnya membuat kita terkena masuk angin.

Baca Juga:  Kebiasaan Penyebab Masuk Angin

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak sering-sering keluar malam jika memang tidak benar-benar perlu. Hanya saja, jika kita perlu keluar malam, pastikan untuk membawa perlindungan layaknya jaket. Pastikan pula untuk mengkonsumsi minuman atau makanan hangat dan menghindari asap rokok agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena masuk angin.