Benarkah Anak Laki-Laki Obesitas Akan Sulit Disunat?

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat dimana jika anak laki-laki yang belum disunat ternyata terlalu gemuk, maka anak tersebut akan sulit dan bahkan tidak bisa disunat. Hal ini tentu membuat banyak orang tua yang gusar jika anak laki-lakinya terlalu gemuk mengingat sunat sudah menjadi sebuah budaya masyarakat tanah air yang hampir selalu dilakukan jika anak laki-laki menjelang dewasa. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

Tubuh yang terlalu gemuk atau yang kerap disebut sebagai obesitas memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang tidak baik. Obesitas sendiri bisa menyerang siapa saja pada usia muda maupun usia dewasa. Obesitas sendiri diklaim sebagai salah satu penyebab utama masalah kesehatan yang lebih besar, yakni masalah diabetes dan juga penyakit jantung. Sayangnya, bagi anak laki-laki yang menjelang dewasa, obesitas ternyata juga benar memberikan masalah besar karena banyak dokter yang cenderung menolak anak laki-laki obesitas yang inginmelakukan sunat.

Jika anak laki-laki mengalami obesitas, penis biasanya cenderung tertimbun lemak terlalu banyak sehingga proses sunat pun akan sulit sekali dilakukan. Jika dipaksakan, bukannya sunat berhasil dilakukan, bagian tubuh lain bisa jadi malah akan terluka dan menyebabkan masalah baru. Hal inilah yang mendasari banyak orang tua yang menyuruh anak laki-lakinya melakukan diet ketat agar proses sunat bisa dilakukan dengan aman. Sayangnya, tidak semua orang mampu melakukan diet ketat mengingat proses diet ketat bisa sangat menyiksa. Disamping karena faktor keamanan, pakar bedah saraf dr Mahdian Nur Nasution bahkan menuturkan bahwa jika sunat dilakukan dengan tidak tepat, bisa jadi kulup pada penis anak laki-laki obesitas akan kembali lagi sehingga anak tersebut harus melakukan sunat kembali. Hal ini terjadi karena anak laki-laki obesitas cenderung memiliki kandungan lemak yang tebal sehingga bisa memicu terbentuknya jaringan kulup baru.

Baca Juga:  Obesitas Pada Anak yang mencemaskan

Untungnya kini ada solusi bagi anak laki-laki obesitas agar bisa melakukan sunat dengan aman. Dengan adanya terapi hormon khusus bagi anak-laki-laki obesitas, penis anak laki-laki bisa menjadi lebih panjang dan besar sehingga tidak lagi tenggelam diantara tumpukan lemak. Hal ini berarti proses khitan tentu akan lebih mudah dilakukan dengan tingkat keamanan yang lebih baik. Disamping itu, dengan teknik pemotongan dan jahitan yang khusus bagi anak laki-laki gemuk, maka proses sunat pun bisa dilakukan dengan sempurna tanpa meninggalkan masalah layaknya kulup yang tumbuh kembali.