Benarkah Anak-Anak Masa Kini Cenderung Berusia Lebih Pendek?

DokterSehat.Com – Dunia kesehatan sempat dikejutkan dengan munculnya pendapat dari Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama dan juga koki ternama dari Inggris bernama Jamie Oliver dimana ada dugaan besar bahwa anak-anak masa kini cenderung akan lebih cepat meninggal dunia jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mereka menyebutkan jika ada berbagai data bahwa penderita obesitas, termasuk diantaranya adalah yang berasal dari anak-anak ternyata terus mengalami peningkatan. Padahal, obesitas biasanya akan berlanjut menjadi masalah kesehatan yang sangat berbahaya dan mematikan.

doktersehat-anak-kecil-hujan-main-playing-flu

Sebuah jurnal kesehatan yang bernama Lancet mengeluarkan fakta mengejutkan dimana tahun 2016 ini ada 2,1 miliar orang di seluruh dunia yang mengalami masalah berat badan! Dibandingkan dengan angka pada tahun 1980 yang hanya 875 juta orang, peningkatan ini tentu sangat luar biasa. Meskipun kenaikan jumlah penderita obesitas sangatlah signifikan, seorang pakar kesehatan dari National Centre for Health Statistics dari Maryland, Amerika Serikat bernama Katherine Flegal justru mengeluarkan pendapat berbeda. Flegal menganggap jika anak-anak masa kini masih memiliki rentang usia yang cenderung setara dengan generasi sebelumnya.

Flegal menyebutkan jika ada sebuah studi yang mempelajari 97 hasil penelitian tentang penyebab kematian. Beliau dan timnya menemukan fakta bahwa mereka yang mengalami masalah obesitas justru memiliki resiko meninggal 6 persen lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka dengan berat badan yang normal. Flegal menyatakan bahwa mereka yang memiliki masalah berat badan, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak ternyata mulai menyadari bahwa kondisi tubuh mereka rentan terkena penyakit sehingga mereka pun akan lebih baik dalam menjaga kesehatan dan mencegah munculnya penyakit berbahaya. Memang, hal ini akan membuat kualitas hidup mereka, khususnya dalam menikmati berbagai macam makanan, akan menurun drastis. Namun, demi tubuh yang sehat, maka semua hal tentu akan mau dilakukan, bukan?