Benarkah Air Seni yang Dikerubuti Semut Adalah Tanda Diabetes?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

DokterSehat.Com– Di Indonesia, diabetes juga kerap kali disebut sebagai kencing manis. Penamaan ini konon disebabkan oleh tanda dari diabetes yakni air seni yang dikerubungi oleh semut. Banyaknya semut ini disebabkan oleh air seni yang memiliki rasa yang manis akibat dari tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Sebenarnya, apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa secara teori, tingginya kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes juga akan membuat cairan tubuh seperti air seni ikut terkontaminasi gula. Bahkan, air liur penderita diabetes juga memiliki kadar gula yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan milik orang yang sehat. Hanya saja, dalam realitanya, sangat jarang kasus air seni penderita diabetes sampai dikeruti oleh semut karena biasanya kadar gula darah mereka juga tidak sampai benar-benar setinggi itu sehingga sampai menarik perhatian semut.

Pakar kesehatan dr. Tri Juli Edi Tarigan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyebutkan bahwa meskipun memang menandakan penyakit diabetes, air seni yang sampai dikerubuti semut adalah tanda dari kadar gula darah yang sudah sangat ekstrim dan biasanya terjadi pada penderita diabetes yang sudah cukup parah hingga menyebabkan komplikasi. Hal ini berarti, teknik mendeteksi diabetes dengan mengecek air seni ini sepertinya tidak tepat untuk kita lakukan.

Alih-alih mendeteksi diabetes dengan mengecek air seni, ada baiknya kita justru memperhatikan kebiasaan sering buang air kecil, sering merasa haus sehingga banyak minum, selalu ingin makan, dan penurunan berat badan dengan drastis tanpa sebab yang jelas sebagai kemungkinan dari diabetes. Jika sampai hal ini terjadi, cobalah melakukan tes gula darah untuk memastikan apakah terkena diabetes atau tidak.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik