Benarkah Air Kemasan Bisa Merusak Kesehatan Gigi?

DokterSehat.Com – Andai kita berbicara tentang makanan atau minuman yang bisa merusak kesehatan gigi, maka pikiran kita tentu akan langsung berpikir tentang minuman bersoda atau makanan manis layaknya kue hingga permen. Namun, belakangan ini banyak orang yang berkata jika air minum kemasan, termasuk diantaranya adalah air putih kemasan yang banyak tersedia di banyak tempat, juga dianggap mampu merusak gigi. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-wanita-olahraga-exercise-lari-sehat-minum-air-putih

Pakar kesehatan yang merupakan kepala komite kesehatan mulut dari Asosiasi Gigi di Australia bernama dr. Peter Alldritt menyebutkan jika air minum kemasan ternyata memang memiliki kemampuan untuk merusak kesehatan gigi meskipun tidak separah makanan atau minuman manis yang kaya akan kandungan gula. Menurut beliau, air minum kemasan atau botolan ini memiliki kualitas yang lebih buruk dari air keran. Padahal, air keran yang di Australia memang bisa diminum, cenderung kaya akan fluoride, semacam mineral alami yang sebenarnya sangat baik bagi kekuatan enamel gigi sehingga membuatnya tidak mudah rusak. Berbeda dengan air keran, air minum dalam botol ternyata tidak memiliki kandungan fluoride sehingga saat kita meminumnya, kita tidak mendapatkan mineral yang sangat penting bagi perlindungan gigi.

Dengan adanya fakta ini, sebenarnya air minum kemasan ini tidak secara langsung merusak kesehatan gigi, melainkan membuat kita tidak mendapatkan perlindungan pada gigi layaknya yang bisa didapatkan andai kita meminum air keran yang memiliki kandungan fluoride di Australia.

Agar gigi kita tidak mudah mengalami kerusakan, hal pertama yang tentu harus kita perhatikan adalah rutinitas menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, khususnya setelah makan dan juga sebelum tidur. Selain itu, gunakan pula obat kumur yang bisa membersihkan gigi dengan lebih baik dan kunjungilah dokter gigi secara berkala agar kita bisa mengetahui kondisi kesehatan gigi kita dengan seksama.