Belum Cuci Tangan? Jangan Sentuh Bagian Tubuh Ini

DokterSehat.Com – Meskipun sudah dikampanyekan oleh pakar kesehatan, dalam realitanya banyak dari kita yang masih menyepelekan aktifitas mencuci tangan, khususnya setelah melakukan banyak hal, menyentuh berbagai macam benda, atau bersalaman dengan orang lain. Padahal, mencuci tangan sangatlah efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika andai kita belum mencuci tangan setelah melakukan beragam aktifitas, ada baiknya kita tidak menyentuh anggota badan seperti sebagai berikut.

doktersehat-tangan-kapalan

Mata
Indera penglihatan satu-satunya yang ada di tubuh kita ini bisa saja mengalami infeksi mata andai kita secara sembarangan menyentuh atau menguceknya andai terasa gatal. Karena alasan inilah ada baiknya memang kita mencuci tangan kita terlebih dahulu sehingga tidak ada kotoran, kuman, atau bakteri yang bisa berpindah pada mata andai kita ingin menyentuhnya atau melepas lensa kontak sehingga infeksi mata pun bisa dihindari.

Wajah
Sudah menjadi kebiasaan kita untuk menyentuh wajah sembarangan meskipun tangan kita sedang dalam kondisi yang kotor. Memang, kita bisa saja membersihkan wajah dengan sabun muka untuk memastikannya tetap bersih dan sehat. Namun, alangkah baiknya kita tidak menyentuh wajah andai tangan kita sedang sangat kotor karena andai hal ini terjadi, kotoran akan membuat pori-pori kulit wajah tersumbat dan bisa memicu masalah layaknya jerawat atau bahkan bercak kemerahan.

Telinga
Jangan asal memegang atau bahkan memasukkan jari kita ke lubang telinga andai terasa gatal. Jika kita melakukannya, dikhawatirkan kita justru akan memicu infeksi pada telinga. Andai memang di telinga sudah ada kotoran yang menumpuk, maka ada baiknya kita berkonsultasi dahulu dengan dokter THT untuk mengeluarkannya dan jangan asal membersihkannya dengan cotton bud karena bisa berbahaya.

Baca Juga:  Jangan Mengucek Mata Jika Belum Cuci Tangan

Kelamin
Meskipun terasa gatal, ada baiknya kita menghindari untuk menggaruk area kelamin tatkala tangan sedang kotor. Andai hal ini kita lakukan, dikhawatirkan area kelamin bisa mengalami gatal-gatal karena terkena bakteri dan kuman yang berasal dari tangan kita yang kotor.