Belimbing, Buah yang Bisa Mengatasi Ketombe

DokterSehat.Com – Buah belimbing adalah salah satu buah tropis yang cukup banyak digemari oleh banyak orang. Rasanya yang segar akan sangat nikmat dinikmati secara langsung, dijadikan jus, atau bahkan dijadikan salah satu bahan rujak yang menyegarkan. Biasanya, buah belimbing memiliki khasiat berupa kemampuan menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, buah yang kaya akan kandungan air ini ternyata memiliki berbagai manfaat lain bagi tubuh; salah satunya adalah mampu mengatasi masalah ketombe pada rambut yang membandel.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Pakar kesehatan menyebutkan jika belimbing ternyata bisa diolah menjadi semacam masker rambut yang bisa kita pakai dengan rutin untuk mengatasi masalah ketombe. Belimbing kaya akan vitamin A dan vitamin B yang bisa membuat kulit kepala terjaga kesehatannya. Hal ini berarti, kita hanya perlu menghabiskan biaya yang murah untuk mengatasi ketombe. Bagaimanakah cara agar kita bisa membuat masker belimbing yang bisa mengatasi ketombe?

Tak perlu menggunakan banyak bahan, kita hanya membutuhkan madu sebanyak satu sendok makan dan satu buah belimbing yang bisa dengan mudah dicari di warung atau penjual buah terdekat. Belimbing segar ini bisa kita kupas dengan bersih dan kemudian diiris menjadi beberapa bagian. Setelah itu, dengan memakai sendok, kita bisa menghaluskan buah belimbing ini. Jika memang ada blender di dapur, kita juga bisa menggunakan peralatan elektronik ini untuk menghaluskannya. Setelah itu, kita bisa mencampurkan satu sendok makan madu dengan belimbing yang sudah halus ini dan jadilah masker rambut yang bisa kita gunakan untuk mengatasi ketombe.

Untuk memakai masker rambut ini, kita bisa dengan mudah mengkoleskannya pada rambut dengan merata. Setelah itu, biarkan rambut selama 15 menit dan kemudian bilaslah dengan air bersih. Setelah itu, kita bisa berkeramas layaknya seperti biasa. Dengan menerapkan terapi masker belimbing ini sekali dalam seminggu, masalah ketombe yang membandel pun akan segera teratasi.