Bekuan Darah – Pengertian dan Proses Terjadi

Bekuan darah adalah suatu mekanisme darah untuk menggumpal ketika terdapat cedera atau lesi, bisa bersifat fisiologis (untuk kesehatan) maupun patologis (tidak seharusnya terjadi). Darah memang melakukan tugas yang tidak kenal lelah: darah perlu mengalir terus menerus dengan tenang menuu ke seluruh tubuh di sepanjang waktu, namun ketika terdapat cedera atau luka pada tubuh, seketika darah berhenti mengalir untuk melakukan pembekuan darah.

doktersehat-Polisitemia-Vera-sumsum-darah-thalassemia-hemofilia-B-bekuan-darah

Bekuan darah sehat akan membantu menyelamatkan jiwa ketika sedang menghentikan pendarahan. Tapi bekuan darah juga dapat terbentuk ketika mereka tidak diperlukan dan menyebabkan serangan jantung, stroke, atau masalah medis serius lainnya.

Apakah bekuan darah itu?
Siklus hidup bekuan darah normal tergantung pada serangkaian interaksi kimia.

  1. Trombosit membentuk sebuah gumpalan. Potongan-potongan kecil dalam darah Anda yang disebut platelet dilepaskan ketika pembuluh darah rusak. Mereka menempel pada dinding pembuluh darah di daerah yang terluka satu sama lain, mengubah bentuk untuk membentuk sebuah gumpalan yang mengisi bagian yang rusak untuk menghentikan darah dari bocor keluar. Ketika diaktifkan, trombosit juga melepaskan bahan kimia untuk menarik lebih banyak trombosit dan sel-sel lain, dan berangkat langkah berikutnya.
  2. Terbentuknya gumpalan. Protein dalam darah Anda disebut faktor pembekuan sinyal satu sama lain untuk menyebabkan reaksi berantai yang cepat yang berakhir dengan zat terlarut dalam darah berubah menjadi untaian panjang fibrin. Fibrin terjerat dengan trombosit untuk membuat jaring yang memerangkap lebih banyak trombosit dan sel. Bekuan menjadi jauh lebih sulit dan lebih tahan lama.
  3. Reaksi menghentikan pertumbuhan gumpalan darah. Protein lain diimbangi tambahan protein faktor pembekuan sehingga gumpalan tidak menyebar lebih jauh.
  4. Tubuh Anda perlahan mengelompokkannya. Seiring menyembuhkan jaringan yang rusak, Anda tidak perlu gumpalan lagi. Helai fibrin sulit larut, dan darah Anda mengambil kembali trombosit dan sel-sel dari bentukan gumpalan darah.