Bek Real Madrid Dani Carvajal Terkena Gangguan Jantung

DokterSehat.Com– Sebuah berita mengejutkan datang dari dunia sepakbola Internasional, salah satu bek kanan terbaik di dunia dari klub Real Madrid, Dani Carvajal, dinyatakan harus beristirahat dari dunia sepakbola karena mengalami gangguan jantung atau tepatnya infeksi perikardium. Banyak orang yang bertanya-tanya apakah infeksi ini bisa menghentikan kariernya di sepakbola yang sangat cemerlang ini.



Pakar kesehatan dr. Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA yang berasal dari Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta, menyebut infeksi perikardium atau yang juga disebut sebagai perikarditis sebagai kondisi peradangan pada selaput jantung atau kardium yang disebabkan oleh virus. Infeksi ini bisa saja menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin.

Biasanya, gejala awal dari infeksi perikardium adalah rasa nyeri pada dada yang sangat luar biasa yang datang secara tiba-tiba. Penderitanya harus segera memeriksakan gejala ini untuk mengetahui apakah dirinya terkena infeksi perikardium atau tidak. Jika benar, maka Ia pun harus menjalani pengobatan yang intensif.

Menurut dr. Ayuthia, pengobatan infeksi perikardium sangat bergantung pada tingkat keparahan peradangan pda bagian selaput jantung. Jika peradangan ini dideteksi dengan lebih awal, pengobatannya cenderung lebih mudah untuk dilakukan sehingga penderitanya pun bisa cepat sembuh.

Sebagaimana kasus yang menimpa Carvajal, penderita infeksi perikardium memang mau tidak mau harus beristirahat total dari aktifitasnya sehari-hari. Bahkan, untuk berolahraga pun sebaiknya tidak dilakukan hingga peradangan ini bisa dipastikan telah benar-benar sembuh.