Beginilah Proses Gigi Berlubang Akan Semakin Besar Jika Diabaikan

DokterSehat.Com – Gigi berlubang menjadi salah satu keluhan yang banyak dialami oleh banyak orang. Saat lubang masih berukuran kecil pada email gigi mungkin belum terasa saki, namun ketika lubang tersebut menjadi celah yang bsia dimasuki sisa makanan dan masih tertinggal pada saat gigi dibersihkan, maka akan mengundang bakteri yang akan membuat gigi berlubang semakin besar. Jika hal ini diabaikan maka semakin lama akan melubangi bagian dentin, dan mulai di sinilah rasa seperti linu akan muncul. Rasa sakit pun akan semakin terasa sakit jika lubang ini hingga mengenai saraf. Munculnya gigi berlubang ini biasanya banyak dialami pada gigi geraham.

doktersehat-dokter-gigi

Apabila dilihat berdasarkan fungsinya, gigi geraham adalah gigi yang paling aktif dalam mengunyah makanan dibandingkan dengan gigi taring dan gigi seri. Fungsi inilah yang menjadikan gigi geraham sebagai tumpuan ketika mengunyah makanan. Tidak hanya itu, pakar kesehatan menjelaskan bahwa gigi geraham memiliki bentuk dengan jumlah lekuk lebih banyak. Lekuk-lekuk inilah yang membuatnya lebih rentan terhadap sisa-sisa makanan yang tertinggal atau terselip. Sekecil apa pun sisa makanan yang tertinggal pada gigi, apalagi jika sisa makanan tersebut cenderung manis, maka kombinasinya dengan bakteri akan membuat gigi berlubang apabila tidak dibersihkan.

Pada beberapa kasus gigi berlubang yang awalnya terlihat kecil pada permukaan, setelah diperiksa oleh dokter ternyata lubang gigi telah berbentuk seperti gua. Jika sudah begini maka gigi perlu ditambal. Jika tidak, maka lubang ini akan semakin meluas dan bisa berakibat pada pecahnya gigi perlahan demi perlahan hingga satu gigi secara keseluruhan akan rusak dan tanggal. Meskipun satu gigi tanggal telah lepas, sebenarnya di dalam gusi masih terdapat akar gigi. Akar ini bisa pula sering menimbulkan permasalahan seperti infeksi, bau mulut, pembengkakan, hingga masalah gusi bernanah. Untuk menghindari masalah ini, cobalah untuk rajin-rajin merawat gigi sekaligus juga area gusi yang ternyata juga berpengaruh besar bagi kesehatan gigi dan mulut.