Begini Perbedaan Kandungan Pada Setiap Warna Buah Naga

DokterSehat.Com– Buah naga dikenal luas sebagai salah satu buah dengan tampilan yang agak unik. Tak hanya rupa kulitnya yang mirip dengan sisik naga, buah ini juga memiliki beberapa jenis warna, yakni putih, merah, dan yang tidak banyak diketahui orang adalah warna kuning dan hitam. Apakah perbedaan warna buah naga ini bisa mempengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya?

doktersehat-buah-naga-dragonfruit-fruit

Buah naga merah
Salah satu buah naga yang paling mudah ditemui di banyak tempat karena harganya yang murah ini memiliki ukuran yang cenderung lebih besar dari jenis buah naga lainnya. Buah naga  jenis ini ternyata kaya akan kandungan kalsium serta fosfor. Meskipun memiliki rasa yang cenderung manis, pakar kesehatan menyebutkan bahwa buah naga merah memiliki kandungan gula yang sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Buah naga putih
Ukuran buah naga ini cenderung lebih kecil dengan warna kulit yang lebih cerah. Buah naga dengan daging berwarna putih ini ternyata kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Hal ini berarti, kerap mengkonsumsinya bisa membuat kita mencegah datangnya masalah penuaan dini.

Buah naga kuning

Tidak banyak orang yang mengetahui buah naga kuning. Buah naga ini memiliki warna kulit kuning terang dengan sedikit duri dan warna dagingnya cenderung sama dengan buah naga putih. Hanya saja, kandungan vitamin A di dalam buah naga kuning ini lebih banyak sehingga sangat baik bagi kesehatan mata.

Buah naga hitam
Daging buah naga hitam ini cenderung lebih pekat karena tingginya kandungan betakaroten dan antioksidan alami di dalamnya. Kerap mengkonsumsinya akan membuat kita lebih baik dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dengan mengetahui perbedaan kandungan buah naga ini, kita bisa memilih buah naga mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan nutrisi kita, bukan?