Begini Pendapat Menkes Soal Anggapan Minum Kencing Unta Menyehatkan

DokterSehat.Com– Fenomena debat di media sosial tentang minum kencing unta dianggap mampu menyembuhkan penyakit ternyata sampai juga di telinga Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM(K). Beliau pun angkat bicara tentang hal ini.

Becks

Menurut Menkes, dari sisi ilmiah dan medis, air kencing atau urine memiliki kandungan berupa zat-zat yang dibuang oleh tubuh. Hal ini berarti, jika mengkonsumsinya secara mentah-mentah, kita tentu akan meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan. Sederhananya, air seni termasuk dalam kotoran yang dibuang oleh tubuh. Mengkonsumsinya tentu saja hampir sama dengan mengkonsumsi kotoran.

Menkes pun menyebutkan bahwa jika ingin memastikan apakah air kencing unta memang bisa menyembuhkan kanker, maka harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengingat adanya kemungkinan kontaminasi bakteri pada air kencing tersebut sehingga berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, kita juga harus mengetahui dengan pasti zat-zat apa saja di dalam air kencing unta untuk mengetahui manfaat atau resikonya.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2012 yang berjudul Journal of Natural Science Volume 2 No.5, Dr. Faten Abdel-Rahman Khorsid yang berasal dari Departemen Ilmu Biology di King Abdulaziz University, Jeddah, Arab Saudi, diketahui memang sedang meneliti air kencing dan susu unta yang diduga mampu membunuh sel kanker. Penelitian yang Ia lakukan mengklaim bahwa kandungan air kencing unta mampu melawan sel kanker dengan signifikan. Namun, hasil penelitian ini kemudian dimentahkan oleh merebaknya virus MERS-Cov (Middle east Respiratory Syndrome-Coronavirus). Virus penyebab flu arab ini disebut-sebut WHO bisa ditemukan di unta yang ada di negara-negara Timur Tengah namun tidak ditemukan di hewan lain.

Karena adanya fakta ini, WHO pun kemudian melarang konsumsi air kencing dan susu unta demi mencegah penyebaran virus penyakit yang cukup mematikan ini.