Begini Dampaknya Jika Suka Makan Saus Tomat?

DokterSehat.Com – Sebagaimana kita ketahui, masyarakat tanah air sangat suka dengan rasa pedas. Untuk mendapatkan rasa pedas ini, kita bisa menambahkan sambal pada makanan yang kita konsumsi. Selain menggunakan sambal, cukup banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi saus demi mendapatkan sensasi pedas sekaligus tambahan rasa yang enak pada makanan.



Salah satu jenis saus yang disukai oleh banyak orang adalah saus tomat. Saus ini bisa memberikan sensasi rasa yang unik, yakni pedas, asam, dan manis. Sayangnya, dibalik rasa yang enak dari saus ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cukup banyak efek buruk bagi kesehatan tubuh jika kita kerap mengkonsumsinya.

Kaya akan kandungan gula
Tahukah anda jika 25 persen dari total kandungan dalam sebotol saus tomat adalah gula? Banyak orang yang tidak menyadari betapa tingginya kandungan gula di dalam saus. Jika kita mengkonsumsinya secara rutin, maka kita pun akan mengkonsumsi gula dengan berlebihan yang bisa memicu beberapa masalah kesehatan seperti diabetes atau obesitas.

Kaya akan kandungan sodium
Selain gula, kita juga bisa menemukan kandungan sodium yang sangat banyak di dalam sebotol saus tomat. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi sodium yang berlebihan bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan organ kardiovaskular.

Kaya akan kandungan sirup gula jagung
Kebanyakan saus tomat menggunakan sirup gula jagung sebagai penambah cita rasanya. Yang menjadi masalah adalah, kandungan sirup gula jagung ini jika dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan resiko terkena diabetes dan obesitas.

Bisa memicu kecanduan
Rasa yang enak dari saus tomat ternyata bisa membuat kita kecanduan. Kita pun akan kerap menambahkan saus ini pada makanan yang kita konsumsi. Padahal, mengkonsumsi saus tomat secara rutin akan membuat kita mengkonsumsi berbagai kandungan tidak sehat yang ada di dalamnya dengan berlebihan.